Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 3 Apr 2017 12:25 WIB ·

Pemerintah Siapkan Panduan Ceramah di Rumah Ibadah


 Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok/JPNN.com Perbesar

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok/JPNN.com

Harianrakyataceh.com, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Agama sedang menyusun sebuah buku panduan sebagai pedoman buat penceramah di semua rumah ibadah.

“Kami di Kemenag sedang bekerja keras menyusun semacam panduan atau pedoman bersama, buat semua rumah ibadah. Tidak hanya masjid tapi semua rumah ibadah,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di kompleks Istana Negara, Senin (3/4).

Buku tersebut katanya, akan memandu bagaimana agar ceramah-ceramah keagamaan dilakukan dengan cara-cara dan konten materi muatan yang baik, mengayomi, menyatukan, membangun kerukunan hidup antar umat beragama.

“Bukan justru sebaliknya. Jangan sampai materi-materi ceramah keagamaan itu berisi hal yang insiatif, provokatif, bahkan kemudian menimbulkan kebencian antarsesama umat beragama. Ini yang sedang kami siapkan,” ujar politikus PPP tersebut.

Terkait penceramahnya, apakah akan ikut diseleksi juga? Lukman mengatakan pemilihan orang-orang yang akan menyampaikan materi ceramah diserahkan kepada masing-masing pengelola rumah ibadah.

“Biarkan dikelola sepenuhnya oleh mereka, kearifan mereka, yang penting ada kesamaan persepsi bahwa materi ceramah keagamaan haruslah yang membangun, yang menyatukan. Tidak justru sebaliknya, menimbulkan persoalan yang bisa menimbulkan disintegrasi,” tandasnya. (fat/jpnn)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ida Fitri Terbitkan Novel “Paya Nie”

24 July 2024 - 10:15 WIB

Wali Nanggroe dan Mualem Temui Ketua Mahkamah Agung

24 July 2024 - 06:26 WIB

Rombongan dari Thailand selatan mengunjungi Kantor Partai Aceh.

23 July 2024 - 08:45 WIB

Pemerintah Aceh Ikut Sosialisasi Geoportal Satu Peta 2.0

20 July 2024 - 17:26 WIB

Tolak Israel Pada Olimpiade 2024, Sejumlah Ormas Islam Akan Gelar Aksi Damai

19 July 2024 - 14:58 WIB

Kontingen Kemenkumham Aceh Siap Ikuti Turnamen Tenis Lapangan Hari Pengayoman

19 July 2024 - 13:44 WIB

Trending di NASIONAL