Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 7 Apr 2017 06:43 WIB ·

Rektor UIN Arraniry Rusdi Muhammad


 Istimewa Perbesar

Istimewa

‘Wartawan Sampaiikan Berita Benar
Banda Aceh (RA) Rektor UIN Arraniry Aceh, Rusdi Muhammad mengatakan, wartawan itu mengemban misi dakwah yakni menyebarkan berita kebaikan dan pemberitahuan yang Benar jangan termakan dengan berita palsu.

‘Jangan termakan dengan berita hoaks. Begitu juga dengan berita fedopilia dan penculikan anak’, sampaikan yang sebenarnya meski itu pahit’, ujarnya pada pembukaan Seminar Nasional di gedung PWI Aceh, Kamis (6/4).Modernisasi sekarang, katanya dipegang oleh barat, informasi dari luar jika kita tidak antisipasi maka akan sangat mudah termakan oleh publik dan itu yang kini menjadi viral di medsos.

‘Mari kita jaga dan hindari gaya hidup, pakaian yang dilihat dari iklan di media elektronik dan cetak’,
ujar alumni Lemhanas tahun 2004 lalu.

Para wartawan prinsipnya harus berpedoman pada Al-quran – karena itulah pembawa kabar yang baik untuk masyarakat.

Sementara Ketua PWI Aceh Tarmilin Usman mengatakan, pengaruh berita asing terhadap media nasional sangat terasa sebab nyaris media saat ini ydikuasai kapitalis. Kemudian bagi pengusaha kita justru masih belum mampu membendungnya.
Karenanya pemeeintah telah membuat sebuah lembaga wartawan anti berita hoaks. Ini dimaksudkan agar masyarakat tidak panik dengan berita palsu termasuk datang dari luar.
Dosen Komunikasi Dakwah UIN Arraniry A Rani Usman lebih banyak menyorot soal bagaimana pilkada di Amerika Serikat yang memenangkan Donald Trump lawan Hillary Clinton.
‘Ini salah satu gaya barat yang banyak memunculkan pemberitaan terbuka dan fenomenal termasuk soal skandal yang banyak dikecam masyarakat dunia’, jelas Rani.
‘Saya pikir bagaimana media kita di tanah air tidak terbuai dengan pemberitaan internasional yang sangat tidak sesuai dengan adat ketimuran bangsa Indonesia’ termasuk citra tentang Aceh’, 7demikian Rani Usman. (imj)
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ratusan masyarakat Aceh Barat deklarasi dukung Bustami maju di Pilkada 2024

20 July 2024 - 21:25 WIB

Danrem Lilawangsa Intruksikan Kodim Aceh Utara Bangun Dapur Umum 

20 July 2024 - 20:30 WIB

Kodim 0103/Aceh Utara Peringati 1 Muharram 1446 H Dengan Menggelar Doa Bersama.

20 July 2024 - 16:39 WIB

Aceh Utara Berduka, 226 unit Rumah dan Kedai Rusak

19 July 2024 - 11:35 WIB

Puting Beliung Rusak 53 Rumah Warga Nibong dan Langkahan Aceh Utara

19 July 2024 - 09:59 WIB

Kodim 0102/Pidie Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

18 July 2024 - 14:06 WIB

Trending di DAERAH