Rakyat Aceh

RAKYATACEH (RA) – Untuk tahun kedua berturut – turut, kota Banda Aceh menjadi salah satu tuan rumah seleksi nasional kuliah ke Timur Tengah bersama beberapa kota lainnya di seluruh Indonesia.

Hal tersebut mencuat dalam Rakornas Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional (IAAI) Indonesia yang berlangsung di Jakarta, 7-8 April 2017.

“Insya Allah Banda Aceh tetap tuan rumah seperti tahun lalu. Kota-kota lain belom diputuskan. Tahun lalu 9 kota sendonesia,” kata H.M.Fadhil Rahmi,Lc, Ketua IKAT Aceh yang mewakili Aceh dalam Rakornas tersebut.

Selain itu, Aceh juga akan mendapat “quota” khusus untuk lulusan aliyah atau sederajat se-Aceh bagi yang ingin meneruskan kuliah ke timur tengah, khususnya ke Universitas AlAzhar, Mesir.

“IKAT akan membantu fasilitasi para calon Maba tersebut. Dari tahapan try out, bimbingan belajar menuju seleksi, hingga pemberangkatan ke negara tujuan, Insya Allah,” ujar Fadhil.

Maka dalam rangka menyahuti kesempatan tersebut, IKAT menghimbau kepada stake holder dan pemimpin di kabupaten/kota untuk menggunakan kesempatan memberangkatkan putra dan putri terbaik daerahnya untuk melanjutkan studi ke timteng.
“tahun ini baru Aceh tenggara yg siapkan beasiswa untuk 5 putra dan putri terbaiknya. Sudah selesai kita seleksi. Semoga bapak gubernur maupun bupati/walikota lainnya mengikuti.

IKAT siap fasilitasi demi peningkatan kualitas sdm Aceh,” ujar Fadhil yang juga Asisten Ombudsman RI.

Selain agenda tersebut, Rakornas yang diikuti oleh 17 Cabang IAAI seluruh Indonesia juga membahas agenda Konferensi Internasional dan Konsolidasi Nasional IAAI yang akan berlangsung di Lombok, NTB pada akhir Juli 2017. (ril/rat)