Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 9 Apr 2017 13:51 WIB ·

Merinding Dengar Lautan Manusia Gemakan “Yaa Lal Wathan”


 Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (IST For JawaPos.com) Perbesar

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (IST For JawaPos.com)

Harianrakyataceh.com – Istighotsah Kubro yang digelar Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (9/4) sukses besar. Istighotsah tersebut dihadiri ratusan ribu umat nahdliyin. Lautan manusia itu secara khidmat  berdoa untuk keselamatan bangsa.

Tampak ratusan ribu warga NU kompak menyanyikan lagu “Yaa Lal Wathan”. Lautan manusia menggemakan lagu yang kerap diputar di acara-acara NU tersebut. “Luar biasa ratusan ribu warga NU mengobarkan semangat cinta tanah air. Merinding dengarnya,” ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sempat merekam dan mengunggah video momen tersebut di akun Instagram-nya, @azwaranas.a3.

Lagu “Syubbanul Wathan” atau “Yaa Lal Wathan” adalah ciptaan kiai kharismatik dan salah seorang pendiri NU, KH Wahab Hasbullah, pada 1934. Lagu tersebut berisi anjuran cinta kepada tanah air, membela bangsa dari segala macam tantangan dan rongrongan.

Menurut Anas yang juga mantan ketua umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), saat ini bangsa Indonesia menghadapi sejumlah tantangan, di antaranya tenun kebangsaan yang berpotensi tercerai-berai. Dia menyebut upaya merongrong Indonesia tidak akan berhasil, karena negeri ini terus dijaga oleh orang-orang di dalamnya, termasuk warga NU.

“Kami sebagai warga NU manut, tunduk taat, samina wa athona, kepada kiai-kiai yang selalu memerintahkan untuk menjaga bangsa, menjaga NKRI,” ujar Anas yang juga ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur tersebut. (jpg)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Niat Puasa Tasua dan Asyura, Saum yang Paling Utama setelah Ramadhan

15 July 2024 - 15:36 WIB

Madi, Salah Marah Mak Usuh Tukang Parkir, Akhirnya Diserang Balik

8 July 2024 - 10:24 WIB

Pj Bupati Iswanto Tinjau Progres Pembangunan Jalan Menuju Venue PON Paralayang

16 June 2024 - 03:01 WIB

Pemkab Aceh Besar Gelar Pangan Murah di JSC

1 June 2024 - 15:19 WIB

Mengulik Metode Mengajar Rasulullah SAW sebagai Teladan bagi Guru Masa Kini

30 May 2024 - 17:29 WIB

Dakwah dan Dilema Beragama di Aceh: Menyatu dalam Kebenaran

26 May 2024 - 07:37 WIB

Trending di KHAZANAH