Korut Siap Berperang dengan Amerika

Pyongyang mengecam meningkatnya eskalasi kekuatan militer Amerika Serikat di Semenanjung Korea, termasuk pengerahan armada tempur di atas kapal induk seperti ini. Read more: http://www.riaupos.co/148659-berita-korut-siap-berperang-dengan-amerika.html#ixzz4duW72PKX

SEOUL (Harianrakyataceh.com) – Korea Utara mengecam  tindakan Amerika Serikat yang mengerahian armada tempur Angkatan Laut ke Semenanjung Korea hari ini, dan memberi peringatan bahwa merekasiap untuk berperang.

Gugus tempur Angkatan Laut AS yang dipimpin kapal induk Carl Vinson, membatalkan kunjungan ke Australia, penghujung minggu ini untuk menuju ke kawasan itu bertujuan memamerkan kekuatan,  berdepan-depan dengan ancaman Korea Utara.

“Ini membuktikan bahwa tindakan Amerika Serikat yang terus ‘’menggertak’’ Korea Utara sudah sampai ke tahap serius. “Korea Utara siap membalas apa saja bentuk perang yang dilancarkan AS,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Korut kepada kantor berita resmi negara itu, KCNA.

Ini merupakan tanggapan keras pertama yang secara resmi disuarakan oleh Korea Utara sejak AS mengirim gugus tempur armada perang lengkapnya itu.

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump baru saja memerintahkan serangan peluru kendali jelajah Tomahawk menggempur pangkalan udara militer Suriah. Tindakan ini dipandang secara luas sebagai juga satu ancaman atau peringatan kepada Korea Utara.

Kemarin, sejumlah pejabat AS menjelaskan, bahwa Trump meminta masukan dari para  pembantunya mengenai pilihan bagi usaha menundukkan Pyongyang.

Belum lama ini, seperti dikutip di laman AFP,  Trump mengancam bakal mengambil tindakan sepihak terhadap Pyongyang, jika Beijing gagal membendung program senjata nuklir negara jirannya itu.(zar)