FOTO BERSAMA: Peserta Aksi Cepat Tanggap Aceh dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) foto bersama pada melaksanakan kegiatan Volunteer Camp di Desa Teuladan Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Selasa (11/4). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuka posko bantuan untuk disumbangkan ke muslim Afrika di empat negara yaitu, Somalia, Yaman, Sudan, dan Nigeria. Bantuan tersebut dapat diberikan dalam bentuk beras dan uang yang juga dapat langsung dikirim melalui rekening BNI Syari’ah 66 0000 6008, Bank Mandiri 127 000 7721 218, dan BSM 7089786023 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Hal ini disampaikan Head Office ACT Aceh, Husaini Ismail saat berkunjung ke Kantor Harian Rakyat Aceh di Banda Aceh, Jum’at (7/4). Kunjungan tersebut diterima Pemimpin Umum Harian Rakyat Aceh, Imran Joni dan Pemred, Sulaiman Ahmad.

Husaini mengatakan muslim Afrika saat ini sedang mengalami bencana kelaparan, dan krisis pangan. PBB melaporkan lebih dari 20 juta jiwa tengah di ambang jurang kematian, akibat kelaparan yang disebabkan oleh kekeringan yang berkepanjangan serta konflik bersenjata.

“Bantuan untuk muslim Afrika ini merupakan gerakan nasional yang dilakukan ACT di seluruh Indonesia, termasuk di Aceh. Program ini sudah mulai digulirkan dengan target dapat diwujudkan pada Idul Fitri tahun ini. Kelaparan yang melanda dunia lebih spesifik lagi sebagian besar menimpa umat Islam, layak menggerakkan kepedulian rakyat Indonesia yang dikelilingi oleh banyak nikmat Allah berupa kekayaan alam,” kata Husaini.

Husaini menargetkan sebelum Ramadhan tahun ini, ACT akan menghimpun tidak kurang dari 25 ribu ton beras. “Mengapa beras, karena sebagai negara agraris beras menjadi bahan pokok pangan yang hampir seluruh elemen bangsa memilikinya. Beras juga sangat aman dan mudah untuk disalurkan melalui kapal yang akan mengarungi lautan luas,” tambahnya.

Kapal tersebut akan mulai berlayar dari Makassar, selanjutnya singgah di sejumlah pelabuhan yang ada di Indonesia untuk membawa bantuan tersebut dari masyarakat. Terakhir singgah di Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar yang selanjutnya langsung bertolak ke Somalia dan tiga negara lainnya melalui jalur resmi.

Masyarakat yang ingin menyumbang dan berkontribusi untuk program Kapal Kemanusian ACT bisa mendatangi Kantor ACT Aceh di Jalan Tgk. Daud Beureueh No. 46, Banda Aceh, atau mendatangi posko-posko yang tersebar di daerah lain dalam tabel. (rif)

*Posko Bantuan Muslim Afrika

1. BEM Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh
2. BEM Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe
3. BEM Universitas Almuslim, Bireuen
4. BEM IAI Almuslim, Bireuen
5. Komunitas Pemuda dan Mahasiswa Aceh Barat Untuk Kemanusiaan
6. BEM Politeknik Negeri Lhokseumawe
7. BEM IAIN Zawiyah Cot Kala
8. HMI Aceh Utara
9.HMI Bireuen
10. Yayasan Rumah Peduli, Bireuen
11. Remaja Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
12. Remaja Masjid Baitul Musyahadah Banda Aceh
13. Remaja Masjid Al-Izzah Krueng Mane, Aceh Utara
14. Aneuk Muda Mireuk Taman, Banda Aceh
15. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh