801 Buku Nikah Usang Dibakar

DIMUSNAHKAN: Kankemenag Bireuen, Maiyusri musnahkan buku nikah yang telah usang seiring berganti Menteri Agama RI, Senin (17/4). RAKYAT ACEH/RAHMAT HIDAYAT

BIREUEN (RA) – Sebanyak 801 buku nikah dari sejumlah Kantor Urusan Agama (KUA) telah usang dan habis masa berlakunya, dimusnahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen bersama tim, Senin (17/4) pagi di depan stadion Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang, Bireuen.

Pemusnahan dengan cara dibakar ini seiring bergantinya Menteri Agama Republik Indonesia. Buku nikah cetakan lama 2014-2015 ditandatangani Menteri Agama RI Surya Dharma Ali sesuai perintah ditarik dari KUA

“Dari KUA kemudian dibawa ke Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Bireuen, untuk dilakukan pemusnahan/penghapusan blangko nikah. Buku nikah penganti atau yang baru ditandatangani Menteri Agama RI Lukmanul Hakim Saifuddin sudah tersedia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bireuen, Drs H Maiyusri dan Kasi Bimas Islam Razali Yusuf, S.Ag kepada Rakyat Aceh menjelaskan, pemusnahan disaksikan tim penghapusan blangko nikah. Dirincikannya, buku nikah dimusnahkan itu sebanyak 793 buku nikah model NA dan 8 bukuh nikah model DN tanggal buku 10-3-2017.

“Bagi warga yang menikah dikantor KUA nol biaya dan tidak kita benarkan untuk menerima uang apapun alasan atau no grafitasi. Jika menikah di rumah biaya Rp600 ribu untuk kas negara dikirim langsung kerening Simponi,” jelas Kankemeng Drs H Maiyusri. (rah/min)