Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 25 Apr 2017 10:11 WIB ·

Bahas Korut, 100 Senator Dipanggil ke Gedung Putih


 Kapal Induk USS Carl Vinson mengangkut aneka pesawat tempur AS menuju Semenanjung Korea dan Korut mengancam akan menenggelamkannya.  Read more: http://www.riaupos.co/150320-berita-bahas-korut-100-senator-dipanggil-ke-gedung-putih.html#ixzz4fFqzpg7T Perbesar

Kapal Induk USS Carl Vinson mengangkut aneka pesawat tempur AS menuju Semenanjung Korea dan Korut mengancam akan menenggelamkannya. Read more: http://www.riaupos.co/150320-berita-bahas-korut-100-senator-dipanggil-ke-gedung-putih.html#ixzz4fFqzpg7T

WASHINGTON (Harianrakyataceh.com) – Isu panas Korea Utara memicu sesuatu yang tak lazim terjadi di Amerika Serikat. Pemerintah Donald Trump mendadak memanggil ke-100 anggota senat ke Gedung Putih.  Akan ada briefing terkait Pyongyang.

Inilah pertama kalinya pejabat-pejabat tinggi pemerintahan Trump akan mengadakan briefing rahasia yang langka di Gedung Putih bagi semua anggota Senat Amerika mengenai situasi di Korea Utara.

Menurut pejabat, briefing hari Rabu (26/4) itu akan dilakukan oleh Menteri Pertahanan Jim Mattis, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, Direktur Intelijen Nasional Dan Coats dan Kepala Staf Gabungan  Jenderal Joe Dunford.

Ke 100 senator diminta datang ke Gedung Putih untuk pertemuan itu. Belum diketahui apakah semua senator akan hadir.

Biasanya para pejabat Gedung Putih yang datang ke Kongres untuk memberi penjelasan tentang masalah keamanan nasional, namun kali ini seluruh anggota Senat sebaliknya yang akan mendatangani Gedung Putih. Artinya, sangat jarang briefing dilakukan Gedung Putih dan kali ini laha seluruh anggota Senat diminta datang.

Briefing itu dilakukan manakala ketegangan meningkat antara Amerika dan Korea Utara.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Sean Spicer, tidak bersedia menjelaskan rincian tentang rencana pertemuan di Gedung Putih itu ketika ditanya wartawan dan merujuk pada pimpinan Senat, Mitch McConnell.

Ketegangan di semenanjung Korea juga mengundang reaksi sekutu Pyongyang, China, yang juga sahabat AS di Asia. Kementrian Luar Negeri Cina mengatakan bahwa Presiden Xi  saat berbicara dengan Presiden Donald Trump meminta semua pihak menahan diri ’dan menghindari tindakan yang bisa meningkatkan ketegangan’.

Sementara Presiden Trump dilaporkan menegaskan bahwa Korea Utara ’yang terus bermusuhan’ menciptakan ketidakstabilan di Semenanjung Korea.

Sebelumnya, media resmi Korea Utara, Minggu (23/4) melaporkan mereka siap menenggelamkan kalal induk tersebut dengan satu kali serangan.

Amerika Serikat khawatir pemerintah Pyongyang sedang berupaya untuk mengembangkan rudal dengan hulu ledak nuklir yang bisa mencapai daratannya.

Sementara Cina cemas dengan kemungkinan konflik terbuka di Semenanjung Korea, yang bisa menyebabkan ambruknya rezim Kim Jong-un, yang dikhawatirkan akan menyebabkan munculnya gelombang pengungsi dan juga meningkatnya kehadiran AS di perbatasan Korea Utara-Cina.

Kronologi ketegangan terbaru AS-Korut

8 April: Militer AS memerintahkan unit tempur Angkatan Laut bergerak ke Semenanjung Korea

11 April: Korea Utara mengatakan akan mempertahankan diri dengan ’kekuatan senjata yang berpengaruh’

15 April: Pemerintah Pyongyang menggelar parade militer besar-besaran -lengkap dengan pameran rudal- untuk mengenang 150 tahun bapak bangsa, Kim Il-sung. Sementara Wakil Presiden AS, Mike Pence, tiba di Korea Selatan.

16 April: Korea Utara melakukan uji coba roket, namun gagal

17 April: Pejabat senior Korea Utara mengatakan kepada BBC bahwa mereka akan melanjutkan uji coba rudal ’setiap minggu’ dan Mike Pence memperingatkan Korut agar tidak ’menguji’ Presiden Donald Trump.

18 April: Unit tempur Angkatan Laut AS menuju ke semenanjung Korea

23 April: Media resmi Korea Utara, melaporkan mereka siap menenggelamkan kapal induk USS Carl Vinson.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

GM Hotel Parkside Berniat Ikut Pilkada Gayo Jalur Independen

28 March 2024 - 21:08 WIB

Dirlantas Polda Aceh bersama IMBI Bagikan Takjil dan Beras kepada Pengendara

28 March 2024 - 21:06 WIB

Modus Penipuan Catut Namanya Kembali Terjadi, Ini Klarifikasi dan Himbauan Haji Uma

28 March 2024 - 21:00 WIB

Ditlantas Polda Aceh dan IMBI Aceh Bagikan Sembako dan Takjil

28 March 2024 - 19:06 WIB

Kapolda Aceh Perintahkan Jajarannya untuk Tindak SPBU Nakal

28 March 2024 - 17:27 WIB

Kemenhub RI Diingatkan Soal UUPA Dibalik Rencana Pengurangan Bandara Internasional

28 March 2024 - 00:00 WIB

Trending di UTAMA