Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

EKBIS · 25 Apr 2017 03:47 WIB ·

Telkomsel Dorong Transformasi Perusahaan ke Digital Telco Lewat “Digital Mastery”  


 Telkomsel_Digital_Mastery:  Direktur Human Capital Management Telkomsel Priyantono Rudito (kanan) dan didampingi oleh Vice President People Development Telkomsel Mardi FN Sinaga (kiri), seusai acara peluncuran buku “Digital Mastery” di Jakarta, Kamis (20/04). Dalam menjaga performansi perusahaan, terus menjadi yang terdepan dan menghadirkan inovasi layanan bagi pelanggan, Telkomsel konsisten melakukan perubahan yang diperlukan dari waktu ke waktu. Saat ini Telkomsel tengah mengakselerasi tranformasi perusahaan dari Telecommunication Company menjadi Digital Telecommunication Company melalui program sumber daya manusia yang bertajuk “Digital Mastery”./Ist Perbesar

Telkomsel_Digital_Mastery: Direktur Human Capital Management Telkomsel Priyantono Rudito (kanan) dan didampingi oleh Vice President People Development Telkomsel Mardi FN Sinaga (kiri), seusai acara peluncuran buku “Digital Mastery” di Jakarta, Kamis (20/04). Dalam menjaga performansi perusahaan, terus menjadi yang terdepan dan menghadirkan inovasi layanan bagi pelanggan, Telkomsel konsisten melakukan perubahan yang diperlukan dari waktu ke waktu. Saat ini Telkomsel tengah mengakselerasi tranformasi perusahaan dari Telecommunication Company menjadi Digital Telecommunication Company melalui program sumber daya manusia yang bertajuk “Digital Mastery”./Ist

 

Jakarta (RA) – Dalam menjaga performansi perusahaan, terus menjadi yang terdepan dan menghadirkan inovasi layanan bagi pelanggan, Telkomsel konsisten melakukan perubahan yang diperlukan dari waktu ke waktu. Saat ini Telkomsel tengah mengakselerasi tranformasi perusahaan dari Telecommunication Company menjadi Digital Telecommunication Company melalui program sumber daya manusia yang bertajuk “Digital Mastery”.

 

“Era Digital harus dihadapi dengan cermat oleh seluruh industri di dunia. Tidak ada jalan untuk menghindar ataupun celah lain. Dampak dari era digital ini, beragam layanan dapat mendisrupsi bisnis dan industri secara global. Setiap industri harus jeli untuk berselancar mengendalikan gelombang digital sekaligus menginisiasi inovasi bisnis menjadi sumber daya yang menguntungkan untuk kelangsungan hidup perusahaan”, ujar Direktur Human Capital Management Telkomsel, Priyantono Rudito di sela-sela peluncuran buku “Digital Mastery”.

 

Priyantono lebih lanjut menjelaskan bahwa transformasi digital bukanlah melulu masalah teknologi namun sebuah transformasi organisasi menyeluruh yang mencakup perubahan aspek-aspek krusial lain seperti strategi, proses, sumber daya manusia dan budaya, hingga kepemimpinan. Transformasi digital tak hanya masalah mengadopsi machine learning, memanfaatkan big data, atau menciptakan aplikasi digital semata. “That’s a management and people challenge, not just a technology one”, ujarnya.

 

Dalam bukunya, Priyantono menjabarkan bahwa transformasi digital menuntut perusahaan mengembangkan dua kemampuan, yaitu kemampuan digital (digital capability) dan kemampuan kepemimpinan (leadership capability). Yang pertama menyangkut the “what” of technology (kemampuan membangun dan mengembangkan teknologi digital), sementara yang kedua menyangkut the “how” of leading change (kemampuan mengarahkan dan menggerakkan perubahan).

 

Setiap Perusahaan memiliki peluang untuk bisa lolos daru ancaman disrupsi digital, dengan menempati posisi sebagai “Digital Mastery”, maka Perusahaan akan terhindar dari bahaya disrupsi dan bahkan menciptakan model bisnis baru yang mampu mendisrupsi industri. Menjadi agenda besar bagi setiap perusahaan untuk menggulirkan transformasi digital dengan tujuan akhir menjadi Digital Master. Pertanyaannya, bagaimana cara efektif untuk mencapai posisi Digital Master. Apa saja faktor-faktor pengungkitnya (levers) sehingga kita bisa membangun dan mengembangkannya secara sistematis? Bagaimana mengembangkan para digital leaders di berbagai level organisasi?

 

“Hadirnya buku “Digital Mastery, Membangun Kepemimpinan Digital Untuk Memenangkan Era Disrupsi” ini, diharapkan akan mampu menjadi salah satu rujukan bagi pelaku bisnis, akademisi dan para praktisi bidang Sumber Daya Manusia dalam mengelola organisasi dalam era digital. Dalam buku ini, para pembaca bisa mempejari strategi transformasi digital dalam bidang SDM yang telah dijalankan Telkomsel dan yang akan terus dikembangkan di kemudian hari”, tambah Priyantono.

 

Priyantono lebih lanjut memaparkan bahwa pendekatan khas Indonesia untuk mengembangkan Digital Mastery dengan cepat adalah dengan pendekatan trilogy, yaitu experiential dan leveraging, unlock potensi sumber daya manusia ke titik tertinggi dan pengembangan diri melalui professional coaching.  Pendekatan trilogy ini disusun berdasarkan hasil riset mendalam yang menghasilkan temuan berupa hal-hal yang menjadi akselerator atau drivers pengembangan “Digital Mastery” bagi talent-talent di Telkomsel. Selanjutnya pendekatan ini diimplementasi dalam suatu lingkungan bekerja seperti layaknya bekerja di Silicon Valley melalui program-program “Digital Mastery” di Telkomsel yang disusun secara disruptive.

 

Dalam bertranformasi menjadi digital telecommunication company, Telkomsel terus menjadi yang terdepan dalam melakukan pengembangan teknologi seluler terkini di Indonesia, dan berkomitmen untuk membangun ekosistem digital tanah air. Setelah menjadi yang pertama secara komersial meluncurkan mobile 4G LTE di Indonesia pada akhir 2014, baru-baru ini Telkomsel juga telah melakukan uji coba 1Gbps yang merupakan roadmap penerapan 5G di masa mendatang.rell

 

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

PLN ULP Tapaktuan Siagakan Personil Antisipasi Cuaca Buruk

23 May 2024 - 02:54 WIB

Pebalap Astra Honda Arbi Aditama Siap Taklukan Tantangan Kelas Dunia di GP Catalunya

22 May 2024 - 11:51 WIB

SMK Negeri 2 Bener Meriah Binaan Capella Melaksanakan BLUD SMK

21 May 2024 - 12:02 WIB

Godaan Warna Baru Sepeda Motor Ikonik Honda Super Cub C125

20 May 2024 - 16:30 WIB

Dirut PLN Tinjau Posko Utama Kelistrikan KTT WWF, Pastikan Seluruh Sistem Kelistrikan di Bali Andal

20 May 2024 - 15:24 WIB

PT Pupuk Iskandar Muda Hadir di Kegiatan Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara ke-10 Tahun 2024

19 May 2024 - 18:37 WIB

Trending di EKBIS