Situs Telkomsel Diserang Hacker, Begini Tipe-Tipe Peretas

Ilustrasi (Pixabay.com)

Harianrakyataceh.com – Sejak tadi pagi situs operator seluler Telkomsel diretas. Menyikapi retasan tersebut, pihak Telkomsel tengah menelusuri penyebab situs yang diretas tersebut. Apa yang dialami Telkomsel merupakan satu dari sekian banyak websita yang pernah dihack.

Pakar Teknologi Informatika dan Ahli Security Networking Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) Denny menuturkan, keramaian pagi ini di situs Telkomsel disebabkan adanya sejumlah celah yang belum diidentifikasi oleh pihak Telkomsel.

“Saya pikir kan di internet ini kan, semua orang tuh banyak yang berusaha mencoba meretas situs ya, memang situs-situs ini harus dijaga terus keamanannya. Mungkin pada saat ini ada celah yang dimanfaatkan. Ada celah yang belum diidentifikasi Telkomsel atau kurang dijaga,” tegasnya kepada JawaPos.com, Jumat (28/4).

Menurut Denny, peretas terdiri dari berbagai macam. Ada peretas yang hanya masuk menunjukkan identitas hingga mengganti konten situs. “Ini ada macam-macamnya, ada yang menunjukkan diri saat masuk. Ada yang masuk, cuma masukin identitas dia (hacker) saja bahwa saya sudah ada di dalam,” jelasnya.

Sedangkan pada situs Telkomsel, semua konten sudah terganti. “Yang terjadi pada situs Telkomsel kan sampai mengganti isi konten,” tegasnya.

Telkomsel saat ini enggan terlalu banyak bicara selain meminta maaf pada situsnya bahwa kini sedang dalam tahap perbaikan atau under maintenance.

Sebelumnya pagi tadi situs Telkomsel diserang hacker dengan mengganti isi konten menjadi kalimat-kalimat kasar. Sang hacker mengeluhkan soal kuota tarif internet yang mahal. (cr1/JPG)