Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 28 Apr 2017 07:42 WIB ·

Situs Telkomsel Diserang Hacker, Begini Tipe-Tipe Peretas


 Ilustrasi (Pixabay.com) Perbesar

Ilustrasi (Pixabay.com)

Harianrakyataceh.com – Sejak tadi pagi situs operator seluler Telkomsel diretas. Menyikapi retasan tersebut, pihak Telkomsel tengah menelusuri penyebab situs yang diretas tersebut. Apa yang dialami Telkomsel merupakan satu dari sekian banyak websita yang pernah dihack.

Pakar Teknologi Informatika dan Ahli Security Networking Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) Denny menuturkan, keramaian pagi ini di situs Telkomsel disebabkan adanya sejumlah celah yang belum diidentifikasi oleh pihak Telkomsel.

“Saya pikir kan di internet ini kan, semua orang tuh banyak yang berusaha mencoba meretas situs ya, memang situs-situs ini harus dijaga terus keamanannya. Mungkin pada saat ini ada celah yang dimanfaatkan. Ada celah yang belum diidentifikasi Telkomsel atau kurang dijaga,” tegasnya kepada JawaPos.com, Jumat (28/4).

Menurut Denny, peretas terdiri dari berbagai macam. Ada peretas yang hanya masuk menunjukkan identitas hingga mengganti konten situs. “Ini ada macam-macamnya, ada yang menunjukkan diri saat masuk. Ada yang masuk, cuma masukin identitas dia (hacker) saja bahwa saya sudah ada di dalam,” jelasnya.

Sedangkan pada situs Telkomsel, semua konten sudah terganti. “Yang terjadi pada situs Telkomsel kan sampai mengganti isi konten,” tegasnya.

Telkomsel saat ini enggan terlalu banyak bicara selain meminta maaf pada situsnya bahwa kini sedang dalam tahap perbaikan atau under maintenance.

Sebelumnya pagi tadi situs Telkomsel diserang hacker dengan mengganti isi konten menjadi kalimat-kalimat kasar. Sang hacker mengeluhkan soal kuota tarif internet yang mahal. (cr1/JPG)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Tolak Israel Pada Olimpiade 2024, Sejumlah Ormas Islam Akan Gelar Aksi Damai

19 July 2024 - 14:58 WIB

Kontingen Kemenkumham Aceh Siap Ikuti Turnamen Tenis Lapangan Hari Pengayoman

19 July 2024 - 13:44 WIB

Mendagri Beri Arahan Khusus Pj Bupati/Walikota yang Baru di Ruang Kerjanya

15 July 2024 - 21:47 WIB

PBNU Akan Panggil 5 tokoh muda NU Usai Pertemuannya dengan Presiden Israel

15 July 2024 - 15:13 WIB

Jokowi Obral HGU IKN hingga 190 Tahun, PKS: Ini Namanya IKN for Sale!

14 July 2024 - 14:39 WIB

Haji Uma Turut Bantu Pemulangan Remaja Aceh Utara yang Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas di Tangerang

13 July 2024 - 09:57 WIB

Trending di NASIONAL