Sebuah truk melintas jalan Blangkejeren –Kutacane di desa Rak Lunung, Kecamatan Blangkejeren, Kamis (11/5). BAMBANG YUDI/RAKYAT ACEH

BLANGKEJEREN (RA) – Jalan dua jalur Blangkejeren–Kutacane di Desa Rak Lunung, Kecamatan Blangkejeren jadi kolam. Di sisi kanan arah berlawanan menuju Kotacane, sepanjang 50 meter digenangi air dengan ketinggian 40 centimeter.
Genangan disebabkan gorong-gorong tidak mampu menampung air hujan, Selasa (9/5). Akibat genangan tersebut, warga enggan melintas apalagi, kemarin, ada warga nyaris alami kecelakaan.
Amin warga Blangkejeren berharap ada tindakan khusus yang dilakukan instansi terkait. “Karena banjirnya jalan kerap terjadi pada setiap musim hujan, banjir terjadi akibat parit yang ada sangat kecil. Gorong-gorang yang ada, tidak dapat menampung air yang datang dengan kecepatan tinggi,” jelasnya.
Amin menyebutkan, penyebab lainnya kondisi jalan berada di daerah rendah. “Biasanya sehari saja air sudah kering kembali, tetapi karena hujannya juga seharian tidak berhenti maka airnya tidak berkurang malah bertambah terus,” katanya.
Malik warga setempat mengatakan, awalnya juga pernah terjadi banjir serupa tetapi setelah gorong-gorong dibongkar dan diperbaiki air kembali lancar. Dua tahun belakangan air kembali meluap di jalan. “Tetapi banyak sudah parit di sepanjang jalan yang tersumbat oleh warga,” sebutnya.(yud/mai)