Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 16 May 2017 08:44 WIB ·

Korut ada Hubungannya dengan WannaCry?


 ilustrasi Perbesar

ilustrasi

Harianrakyataceh.com – Peneliti keamanan dari Comae Technologies di Uni Emirat Arab, Matthieu Suiche, mengatakan kalau penyebar virus WannaCry mungkin ingin mengirimkan pesan dalam bentuk kode dengan tujuan ingin menyetir suhu politik

Lantas siapa tokoh dibalik serangan cyber global itu? Salah satu teori yang santer digaungkan adalah, Korea Utara (Korut). Tetapi itu masih perlu diselidiki lebih lanjut. Dilansir USA Today, gaya cyber-attack saat ini serupa gayanya dengan Lazarus Group. Grup ini berhasil meng-hack Sony Pictures pada 2014 dan bank di Banglades pada 2016. Diyakini, Lazarus Group bekerja di Tiongkok namun atas nama Korut.

Para ahli keamanan sekarang pun secara hati-hati mengaitkan Lazarus Group dengan cyber-attack WannaCry. Salah satu dasarnya adalah hasil penemukan penyeliti kemanan Google Neel Mehta. Mehta menemukan kesamaan kode yang ditemukan di WannaCry di dalam software yang digunakan pelaku dengan perangkat lain yang diciptakan Lazarus Group.

”Penemuan Neel Mehta adalah penemuan paling signifikan saat ini mengenai asal WannaCry,” kata perusahaan keamanan Rusia, Kaspersky. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum keputusan diambil.(usatoday/theguardian/tia)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Polda Aceh Tahan Mantan Pimpinan Bagian Kredit Bank Mandiri KCP Bener Meriah

24 July 2024 - 12:52 WIB

Polisi akan Tindak Truk Tangki Penyebab Tumpahan CPO di Jalan

24 July 2024 - 11:42 WIB

Jalin Sinergi dan Koordinasi, Kakanwil Pajak Kunjungi Polda Aceh

23 July 2024 - 19:59 WIB

Komitmen OJK Tingkatkan Literasi dan Akses Keuangan Syariah bagi UMKM dan Santri di Aceh

23 July 2024 - 19:52 WIB

Tersangka Kasus BRA Dicecar Puluhan Pertanyaan

23 July 2024 - 19:45 WIB

Berhasil Membina Pengembangan TTG Inovasi Desa, Pj Bupati Iswanto Raih Penghargaan Menteri PDTT

23 July 2024 - 18:43 WIB

Trending di UTAMA