BNNP Aceh melakukan kegiatan "Family Support Group"/IST

Banda Aceh (RA) – Senin 22 Mei 2017 Jam 10:00 WIB s/d selesai Seksie Pascarehabilitasi Bidang Rehabilitasi BNNP Aceh melaksanakan kegiatan Family Support Group dalam rangka layanan pascarehabilitasi rawat jalan tahap II. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah orang tua atau keluarga residen/klien berjumlah 25 orang, dan bertindak sebagai pemateri/narasumber adalah Kepala BNNP Aceh Brigjen Pol. Drs. Eldi Azwar, S.H., M.A.P yang didampingi oleh Kabid. Rehabilitasi BNNP Aceh Sulaiman, M.Kes dan Kasie Pascarehabilitasi BNNP Aceh Saiful, S.Pd dengan judul materi “Pentingnya Pascarehabilitasi Bagi Mantan Pecandu & Penyalahguna Narkotika dalam Pemulihan dari Ketergantungan Narkotika”, pertemuan ini dilaksanakan di Panti Rehabilitasi Napza Rumoh Harapan Aceh (RHA) Banda Aceh.

Kepala BNNP Aceh dalam materinya menjelaskan tentang Dasar hukum, pengertian, tujuan, gambaran program, dan alur dari pascarehabilitasi.

Brigjen Eldi juga tidak lupa menyampaikan Program Pascarehabilitasi ini merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menjaga pemulihan, Produktif dan dapat bermanfaat di masyarakat. Dimana tetap mempertahankan prilaku positif, mengembangkan potensi diri untuk mencapai keberfungsian sosial sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga beliau mengajak orang tua atau keluarga residen/klien untuk mendukung keluarganya yang telah menjadi pecandu atau penyalahguna narkoba untuk mengikuti kegiatan Pascarehabilitasi baik pasca rawat jalan, pasca rawat inap dan pascarehabilitasi rawat lanjut serta tidak menganggap keluarga yang menjadi korban penyalahguna narkoba atau pecandu narkoba menjadi beban keluarga atau aib bagi keluarga karena pada dasarnya mereka ini adalah sakit yang dikarenakan kecanduan narkoba maka dari itu mereka ini dapat dipulihkan.

Kepala Instalasi Napza RSJ Provinsi Aceh Dr. Syahrizal, Sp., KJ jg turut menyampaikan tanggapannya bahwa adanya sinergisitas antara BNNP Aceh dan Panti Rehabilitasi Rumoh Harapan Aceh dalam menangani pecandu dan penyalahguna narkoba. Kami sangat berterimakasih karena BNNP Aceh sudah dapat hadir di Panti Rehabilitasi RHA dalam hal penyampian materi tentang pascarehabilitasi dimana selama ini itu tidak ada pada kami (disini) dan semoga kedepannya BNN dapat menerima residen dari Panti Rehabilitasi Rumoh Harapan Aceh untuk melanjutkan program pascarehabilitasi di rumah damping BNNP Aceh. Yang langsung ditanggapi oleh Kepala BNNP Aceh bahwa BNNP Aceh melalui layanan pasca rehabilitasi yang ada di BNNP Aceh menerima residen/klien dari Panti Rehabilitasi RHA untuk melanjukan proses pemulihan pecandu dan penyalahguna narkoba ke pascarehab rawat lanjut BNNP Aceh.

Diakhir pertemuan tersebut Wadir Umum RSJ Provinsi Aceh Hartati mengharapkan agar residen/klien yang sudah selesai melaksanakan program rehabilitasi di RHA dapat melanjutkan program rehabilitasi berkesinambungan.
*#stopnarkoba*Rell