Miliki Sabu Seberat 3,8 Gram PNS Kesbangpol Linmas Ditangkap

Rakyat Aceh

SUBULUSSALAM (RA) – Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kota Subulussalam berinisial DE (33), terancam pecat secara tidak hormat akibat tersangkut kasus narkoba jenis sabu. Khairunnas Bako, Kepala Badan Kesbangpol Linmas menyatakan keputusan dapat saja diambil setelah berkoordinasi dengan Walikota dan Sekda.

Ia mengaku, kasus tersebut telah diketahuinya sehari setelah penangkapan. Walau DE merupakan stafnya, ia menyebutkan proses hukum diserahkan sepenuhnya pada pihak kepolisian.

“Kita serahkan pada pihak kepolisian. Mengenai statusnya sebagai PNS, nanti akan kita pertimbangkan dan jika memenuhi syarat bisa saja dipecat secara tidak hormat,” kata Khairunnas, Ahad (21/5).

Sementara, mantan Kepala Kesbangpol Linmas Kota Subulussalam, Baginda Nasution mengaku sebelumnya sudah mencurigai tersangka saat dirinya masih aktif menjadi Kepala di Kesbangpol Linmas.

Apalagi, tambah Baginda, tersangka memang sudah lama tidak masuk kantor tanpa keterangan, sehingga dirinya pada saat itu mau mengirimkan surat ke Sekda agar tersangka berhentikan. “Sudah lama anak itu tidak masuk kantor,” kata Baginda, mantan Kepala Kesbangpol Linmas yang digantikan Khairunnas Bako, Rabu (17/5) lalu itu.

Polres Aceh Singkil menangkap DE pukul 00.30 WIB, Sabtu (20/5). Warga Desa Dusun Pemancang, Kampung Penanggalan Barat, Kecamatan Penanggalan ditangkap saat berada di Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri. Setelah digeledah, di tangan tersangka ditemukan barang bukti berupa, tiga paket besar plastik bening berisikan narkotika jenis sabu seberat 3,8 gram.

Turut pula diamankan barang bukti satu dompet yang sudah dilakban warna hitam, HP merk Nokia warna hitam, uang tunai sebesar Rp500 ribu, serta 29 bungkus plastik bening transparan les merah.

Kasatres Narkoba, Ipda Mustafa menyebutkan sekitar anggota Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Aceh Singkil mendapat informasi dari masyarakat bahwa di lokasi tersebut terjadi transaksi narkoba sekitar pukul 20.00 WIB, Jumat (19/5).

Setelah berada di lokasi, tim melakukan pemantauan dan penyelidikan serta seorang pria dengan gelagat mencurigakan. Setelah digeledah, ditemukan barang bukti tiga paket besar sabu.

“Tersangka bersama barang bukti langsung dibawa ke Mapolres Aceh Singkil guna penyidikan lebih lanjut,” kata Ipda Mustafa. (lim/mai)