Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

INTERNASIONAL · 23 May 2017 10:38 WIB ·

Raja Salman Tegur Donald Trump saat Hendak Minum Pakai Tangan Kiri


 Raja Salman Tegur Donald Trump saat Hendak Minum Pakai Tangan Kiri. Foto Screenshot JPNN.com Perbesar

Raja Salman Tegur Donald Trump saat Hendak Minum Pakai Tangan Kiri. Foto Screenshot JPNN.com

Harianrakyataceh.com – Tak ada rasa canggung dari seorang Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud. Sebagai ahlulbait yang menjamu tamunya, Raja Salman lantas menegur Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Namun teguran itu disampaikan dalam suasana santai. Langkah yang dilakukan Raja Salman merupakan dakwah atas presiden AS ke-45 itu.

Kejadian itu terekam dalam sebuah video yang dirilis Al Arabiya. Terlihat Raja Salman berbincang santai dengan Donald Trump sambil minum kopi.

Turut istri Trump, Melania. Trump hadir di Arab Saudi dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Arab, Islam, dan Amerika.

Trump tampak memegang gelas di tangan kirinya. Begitu pula Melania. Saat Trump hendak meminum kopi itu dengan tangan kiri, tiba-tiba Raja Salman menegurnya.

“Always with the right hand (Minumlah kopi dengan tangan kanan Anda),” ujar Raja Salman.

Seketika, Donald Trump memindahkan kopi itu ke tangan kanannya. Sikap itu diikuti Melania,

Dalam Islam, makan dan minum dengan tangan kanan termasuk adab. Begitu pula dengan beberapa aktivitas lainnya. Hal itu didasarkan pada sejumlah Hadist dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Antara lain dari ‘Aisyah radhiallahu’anha, dia berkata,

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam membiasakan diri mendahulukan yang kanan dalam memakai sandal, menyisir, bersuci dan dalam setiap urusannya.” (HR Bukhari)

Dalam Hadist lain dari Ibnu Umar radhiallahu’anhuma, Rasulullah bersabda,

“Jika seseorang dari kalian makan, maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR Muslim)

Hal itu kemudian diperkuat dalam Hadist lain dari Jabir bin ‘Abdillah radhiallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena setan makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Sementara dalam Alquran, manusia dilarang mengikuti langkah setan, seperti dalam surah An Nur ayat 21,

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah setan, sesungguhnya ia menyuruh kepada perbuatan buruk dan kemungkaran.” (fajaronline/jpnn)

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Kadisdik Tekankan Pesan Mulia Himne Aceh pada Pembukaan Rakor DAK Fisik SMA dan SLB

22 June 2024 - 14:13 WIB

7 Jemaah Haji Asal Provinsi Aceh Meninggal Dunia di Arab Saudi

21 June 2024 - 15:19 WIB

Lionel Messi Pecahkan Rekor Penampilan Terbanyak pada Ajang Copa America

21 June 2024 - 15:11 WIB

Jadi Perampok, Tiga Oknum Personel Polrestabes Medan Buron, 12 Langgar Kode Etik

20 June 2024 - 15:01 WIB

80 Ribu Anak-anak Di Bawah Usia 10 Tahun Tercatat Memainkan Judi Online

20 June 2024 - 14:58 WIB

Beneran Nih??? 15 Oknum Anggota Polrestabes Medan Jadi Buron Kasus Perampokan

19 June 2024 - 15:48 WIB

Trending di UTAMA