SIDAK: Sekda Simeulue, Naskah Bin Kamar, saat sidak ke sejumlah kantor Pemerintah Kabupaten Simeulue, hari pertama masuk kerja bulan ramadhan, Simeulue, Senin (29/5). AHMADI/RAKYAT ACEH

SIMEULUE (RA) – Pemerintah Kabupaten Simeulue menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah kantor pemerintahan dan pelayanan publik, Senin (29/5). Sidak kali ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Simeulue, Naskah Bin Kamar.

Naskah mengatakan, memasuki hari kedua puasa masih banyak pegawai yang tidak masuk kerja. Berdasarkan hasil sidak atau pantauan, ia memperkirakan sedikitnya 25 persen yang mangkir tanpa alasan dan alasan sakit.

“Hari pertama masuk kerja bulan ramadan, 25 persen pegawai kita masih mangkir tanpa alasan dan ada yang sakit. Alhamdulillah 75 persen pegawai kita sudah dinas,” kata Naskah kepada Rakyat Aceh.

Dia menegaskan, pegawai yang tidak hadir tanpa alasan tiga hari berturut-turut, maka pimpinan kantor atau dinas tempat bertugas tersebut akan dimintai mempertanggung jawabkan. Selain mangkir, saat ini juga masih ada pejabat yang tidak tepat waktu masuk kantor.

“Masih ada juga pejabat yang tidak tepat waktu masuk kantor. Ini salah satu contoh yang tidak baik, sebab nantinya akan diikuti dann dicontoh stafnya,” imbuhnya.

Kehadiran Sekda Simeulue, Naskah dan rambongan nyaris tidak diketahui oleh seluruh pegawai, terutama di kantor pelayanan umum umum dan kantor bidang pengawasan sistem keuangan Pemerintah Kabupaten Simeulue.

Sidak ini digelar sejak pukul 10.00 WIB menyasar Kantor Dinas Pendidikan, Inspektorat, RSUD, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan dan sejumlah kantor lainnya.

Memasuki bulan ramadan tahun ini, pemerintah Simeulue telah menetapkan jam kerja sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB dan berlaku mulai Senin hingga hari Kamis. Sedangkan jam kerja Jumat, sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. (ahi/lin)