Pesawat Militer Hilang Kontak Usai Take Off, Penumpang Ditemukan Terapung

Pesawat Myanmar yang Jatuh (AFP)

Harianrakyataceh.com – Tragedi pesawat jatuh kembali terulang, kali ini dialami pesawat militer Myanmar yang baru saja lepas landas dari Myanmar menuju Yangon. Pesawat buatan Tiongkok itu mengangkut sedikitnya 122 penumpang, termasuk anak-anak.
Pihak militer pagi tadi sudah menemukan serpihan tubuh pesawat dengan sejumlah jenazah di sekitarnya.Mirisnya, para jenazah ditemukan mengapung di Laut Andaman.

Pesawat itu membawa 14 awak kapal serta 106 anggota militer dan keluarganya, termasuk anak-anak. Pesawat itu terbang dari Myeik ke Yangon.

Dilansir BBC, puing-puing pesawat ditemukan di laut dari kota pesisir Dawei. Sebelumnya, komunikasi dengan pesawat hilang kontak pada hari Rabu (7/6), setengah jam setelah lepas landas.

Tim pencari Kamis (8/6) pagi menemukan jenazah seorang pria, wanita dan anak-anak serta sebuah roda. Ditemukan pula beberapa jaket pelampung dan beberapa barang bawaan mengapung di lautan.

Pesawat itu dibeli dari China pada bulan Maret tahun lalu dan telah melakukan 809 jam terbang. Myanmar memiliki sejumlah catatan insiden pesawat terbang dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Februari 2016, lima anggota awak pesawat angkatan udara tewas saat pesawat tersebut jatuh di ibu kota Nay Pyi Taw. Beberapa bulan kemudian, tiga petugas tewas ketika sebuah helikopter militer jatuh di Myanmar.

Sebuah pesawat komersial Air Bagan juga melakukan pendaratan darurat pada tahun 2012 dan terbakar. Dua orang tewas dalam kejadian tersebut. (BBC/cr1/JPG)