Polisi Afganistan jadi Korban

LEPAS LANDAS: Pesawat tempur Amerika lepas landas dari kapal induk. Read more: http://www.riaupos.co/153910-berita-polisi-afganistan-jadi-korban-.html#ixzz4jfwnBXAL

KABUL (HARIANRAKYATACEH.COM) – Setidaknya tiga polisi Afghanistan tewas ketika sebuah pesawat militer Amerika Serikat melancarkan serangan udara dalam sebuah operasi di wilayah Afghanistan selatan. Dua polisi Afghan lainnya mengalami luka-luka akibat serangan udara AS tersebut.

Insiden salah sasaran itu terjadi pada Jumat (9/6) malam waktu setempat, selama penyerbuan di provinsi Helmand. Demikian disampaikan komando militer AS di Kabul dalam sebuah statemen.

Para polisi yang merupakan anggota Polisi Perbatasan Afghan (ABP) tersebut, tewas ketika sebuah pesawat AS melancarkan serangan selama operasi yang melibatkan pasukan khusus Afghan dan Amerika. ‘’Kami ingin menyampaikan dukacita terdalam kami kepada keluarga-keluarga ABP yang terdampak insiden yang disayangkan ini,” demikian statemen komando militer AS di Kabul seperti dilansir kantor berita Reuters, Sabtu (10/6)

Juru bicara gubernur Helmand mengatakan, tiga polisi tewas dan dua lainnya luka-luka dalam insiden itu. Belum jelas bagaimana kronologi peristiwa tersebut. Pejabat-pejabat Afghan dan Amerika mengatakan tengah menyelidiki insiden itu.

Para militan Taliban makin memperkuat posisinya di Helmand, dengan merebut banyak distrik-distrik di provinsi itu. Belum lama ini, ratusan marinir AS tiba di Helmand sebagai bagian dari misi koalisi pimpinan NATO untuk melatih dan membantu pasukan Afghan.

Serangan-serangan udara oleh pesawat-pesawat perang Amerika telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir di Afghanistan. Ini terjadi seiring Presiden AS Donald Trump tengah mempertimbangkan permintaan dari para komandan militer akan tambahan ribuan tentara internasional.(jpg/int)