Indonesia vs Puerto Rico: Ujian Garuda Sesungguhnya

PIMPIN LATIHAN: Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla (tengah) memimpin latihan skuat timnas jelang menghadapi Puerto Rico dalam laga uji coba internasional. FOTO: PSSI

Harianrakyataceh.com – Tim Nasional Indonesia akan mendapatkan ujian dalam uji coba internasional FIFA di Stadion Maguwuharjo, Sleman, pada Selasa (13/6) malam nanti. Kali ini lawan yang akan dihadapi tim asuhan Luis Milla adalah Puerto Rico.

Timnas Puerto Rico sebenarnya bisa disebut lawan yang seimbang bagi Indonesia bahkan jauh lebih baik bila dilihat dari segi rangking FIFA. Tentunya ini jadi ujian sesungguhnya bila dibandingkan lawan sebelumnya, Kamboja.

Uji coba ini juga sangat baik buat Garuda untuk melihat tolak ukur kekuatan timnas Indonesia. Terutama bagi skuat U-22 yang saat ini akan disiapkan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 dan SEA Games 2017.

Secara peringkat, sebenarnya timnas Indonesia kalah jauh dari Puerto Rico. Karena saat ini timnas Indonesia masih menduduki posisi ke-177 FIFA, sementara Puerto Rico berada di posisi ke-133 FIFA. Meskipun secara peringkat terpaut jauh, namun pertandingan ini dipastikan bakal tetap berjalan seru dan menyuguhkan banyak drama.

Pada pertandingan ini Indonesia dipastikan bakal tampil spartan demi meraih kemenangan dan menjaga harga diri mereka di depan pendukungnya sendiri. Selain itu, kemenangan pada pertandingan kali ini juga bisa memperbaiki posisi Indonesia di peringkat FIFA. Jelang pertandingan kali ini Kurnia Meiga dkk juga mendapat modal yang cukup apik, setelah di laga uji coba sebelumnya berhasil menang atas Kamboja dengan skor 0-2.

Skuat Garuda harus mampu memanfaatkan kondisi psikis sang tamu. Dalam lima pertandingan terakhir, Puerto Rico menderita lima kekalahan beruntun. Di sisi lain, timnas Indonesia juga dalam motivasi baik, karena dalam pertandingan menghadapi Kamboja akhir pekan kemarin, mereka berhasil mendapatkan kemenangan meyakinkan 0-2 di laga tandang persahabatan.

Pada pertandingan kali ini timnas Indonesia sudah bisa diperkuat oleh Stefano Lilipaly. Karena pada laga sebelumnya pemain naturalisasi asal Belanda itu sebelumnya harus absen karena mendampingi sang istri yang melahirkan. Dia sangat antusias, apalagi diasuh oleh Milla.

“Milla pelatih yang bagus. Dia berasal dari Eropa, Spanyol. Jadi dia tahu bagaimana sepakbola yang bagus. Menurut saya Milla kuat secara taktikal dan itu bagus untuk sepak bola Indonesia,” ungkap Fano.

Pemain naturalisasi asal Belanda itu jelas membidik kemenangan lawan Puerto Rico. Apalagi, dia sudah rindu betul berseragam timnas Indonesia. “Saya senang dapat berlatih dengan teman-teman lagi. Performa Indonesia saat melawan Kamboja sudah bagus dan bisa menang. Saya pun optimis kami mampu meraih kemenangan lawan Puerto Rico,” tandas dia.

Selain itu, Indonesia juga masih akan diperkuat oleh beberapa pemain senior lainnya seperti Bayu Pradana, Irfan Bachdim dan Fachruddin. Laga ini rencananya akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, Selasa (13/6), pukul 21.30 WIB. (rif)