Pemerintah Gelar Operasi Pasar Murah Empat Hari

kepala Bulog Divre Aceh, Drs. Fatah Yasin (kiri) mendengarkan penjelasan Wabup Simeulue Hasrul Edyar saat operasi pasar murah di pasar Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah, Selasa (13/6). AHMADI/RAKYAT ACEH

SIMEULUE (RA) – Pemerintah Kabupaten Simeulue menggelar operasi pasar murah Sembilan Bahan Pokok (Sembako) selama empat hari, sejak 13-16 Juni mendatang. Pasar murah ini sebelumya direncanakan berlasung sebelum memasuki bulan Ramadan.

“Pelaksanaan operasi pasar murah di dua titik, yakni pasar Inpres Kota Sinabang dan pasar Kampung Aie,” kata Kapala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Simeulue, Alwi Alhas kepada Rakyat Aceh, Selasa (13/6).

Alwi mengatakan, ada beberapa jenis kebutuhan yang disediakan pada pasar murah kali ini. Pihaknya menetapkan harga lebih murah atau miring jika dibandingkan harga di pasaran. Adapun jenis sembako tersebut terdiri dari gula pasir Rp12.000 per kilogram, minyak goreng Rp14.500 per kilogram, tepung terigu Rp9000 kilogram, telur Rp34.000 per papan, beras premium isi 15 kilogram dihargai Rp150.000 dan bawang putih Rp30.000 per kilogram.

Ia menuturkan, pelaksanaan operasi pasar murah tersebut sempat gagal disebabkan anggaran tidak tersedia dari Pemerintah Simeulue dan beberapa faktor lainnya.

“Sebelumnya sempat gagal pelaksanaan operasi pasar murah ini, seharusnya digelar sebelum bulan Ramadan,” imbuhnya.
Linda, warga Desa Sebbe mengaku senang adanya oprasi pasar murah. Menurutnya, hal ini bisa membantunya dan masyarakat kebutuhan pokok menjelang lebaran.
“Alhamdulillah, pasar murah sembako sudah ada hari ini. Biasanya setiap awal bulan Ramadan ada pasar murah dan ini sangat membantu kami. Kalau kita beli di pasar atau kios, selisi harganya bisa mencapai Rp5000,” katanya. (ahi/lin)