Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 6 Jul 2017 08:09 WIB ·

Batubara Cemari Laut PT Mifa Bersaudara Harus Tanggunjawab


 Rakyat Aceh Perbesar

Rakyat Aceh

MEULABOH (RA) – Manajemen PT Mifa Bersaudara diminta bertanggungjawan atas tercemarnya laut di wilayah Kabupaten Nagan Raya, akibat tumpahan material batubara.
Desakan itu disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Nagan Raya, T Cut Man. Ia meminta pemerintah Nagan Raya juga merespon dan meminta manjemen perusahan tersebut segera menagatasi persoalan.

”Satu kilometer bibir pantai dan dasar laut wilayah Nagan Raya yang tercemar batubara,” katanya, Senin (3/7).
Ia menambahkan, jika tidak segera ditanggulangi pencemaran laut dan dasarnya akan terus meluas, sehingga dapat merusak serta mengganggu ekosistem yang ada di sana.
Data tersebut, terhimpun saat ia melaksanakan Pansus lansung ke lokasi tumpahah batubara

“Pimpinan daerah Nagan Raya jangan anggap remeh kasus tercemar laut ini. Harus diminta pertangungjawaban dari PT. Mifa bersaudara,” tegasnya.
Menurutnya, pencemaran laut tersebut telah menganggu aktivitas nelayan ketika melaut. Karena setiap melakukan menjaring, bukan udang sabu yang tersangkut, melainkan material batubara yang tersaok oleh jaring nelayan.

”Selain itu, pencemaran material barubata dilautan itu juga menyebabkan rusak habitat ikan. Alhasil, biodata udang dan ikan yang mulai jarang ditemui nelayan,” bebernya.
Hingga saat ini, dirinya telah menyampaikan kondisi temuan lapangan kepada Bupati Nagan Raya, T Zulkarnaini. Ia berharap pencemarain lingkungan ini segera diatasi.
”Pak Irwandi, Gubernur Aceh juga harus merespon kasus pencemaran lingkungan ini. Masalah ini menjadi pekerjaan rumah pimpinan pimpinan baru di Aceh,” tandasnya. (den/lin)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ratusan masyarakat Aceh Barat deklarasi dukung Bustami maju di Pilkada 2024

20 July 2024 - 21:25 WIB

Danrem Lilawangsa Intruksikan Kodim Aceh Utara Bangun Dapur Umum 

20 July 2024 - 20:30 WIB

Kodim 0103/Aceh Utara Peringati 1 Muharram 1446 H Dengan Menggelar Doa Bersama.

20 July 2024 - 16:39 WIB

Aceh Utara Berduka, 226 unit Rumah dan Kedai Rusak

19 July 2024 - 11:35 WIB

Puting Beliung Rusak 53 Rumah Warga Nibong dan Langkahan Aceh Utara

19 July 2024 - 09:59 WIB

Kodim 0102/Pidie Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

18 July 2024 - 14:06 WIB

Trending di DAERAH