Ketika Pemimpin Dunia Termasuk Jokowi Lontarkan Pendapat Soal Trump

Pemimpin Dunia Termasuk Jokowi Lontarkan Pendapat Soal Trump (BBC)

Harianrakyataceh.com – Para pemimpin dunia bertemu di KTT G20 di Jerman. Mereka merupakan orang-orang yang berpengaruh di dunia. Saat momen foto bersama, termasuk Presiden Joko Widodo, seluruh peserta tampil begitu semangat. Apalagi tokoh paling utama yang menjadi sorotan, siapa lagi kalau bukan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Lalu apa komentar para pemimpin dunia tentang sosok Trump? Bagaimana komentar Presiden Jokowi? Dilansir dari BBC, ada sejumlah komentar pemimpin negara tentang Trump, Minggu (9/7).

Presiden Indonesia, Joko Widodo

Saat ditanya soal kerja sama perdagangan dengan Amerika Serikat, Jokowi menegaskan harus ada kerjasama yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. “Kami terus bekerja sama untuk membangun perdamaian dan menciptakan kemakmuran bagi dunia,” tegas Jokowi.

Presiden Argentina, Mauricio Macri

Saat pemilihan, Trump adalah “calon presiden yang benar-benar menggebrak,” kata Macri (dalam bahasa Spanyol).

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau

Atas larangan perjalanan Trump, saat mengunjungi Gedung Putih, menurutnya, banyak orang Kanada menginginkannya memberikan ceramah di negara lain. “Bagi kami, pengungsi teror dan perang, orang-orang Kanada akan menyambut Anda, terlepas dari iman dan kepercayaan. Keragaman adalah kekuatan kami #WelcomeToCanada,” sindirnya pada Trump.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron

Macron mengomentari sikap Trump soal kesepakatan iklim Paris. “Baik untuk AS maupun planet kita saya ingin katakan Prancis percaya kepada Anda (Trump), dunia percaya pada Anda (Trump), dan saya tahu bahwa AS adalah bangsa yang hebat,” tuturnya.

Perdana Menteri India, Narendra Modi

Modi melontarkan hubungan yang sangat ramah dengan AS. “Kami ingin membawa kemitraan strategis kami ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Modi.

Perdana Menteri Italia, Paolo Gentiloni

Dia menyebut Italia adalah sahabat lama AS. “persahabatan didasarkan pada komitmen bersama melawan terorisme,” jelasnya.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

Abe menyebut Trump sebagai pebisnis sempurma. Namun tak demikian dalam permainan golf mereka berdua. “Saya memang tak sebaik Trump saat bermain golf, saya berharap bisa berdiskusi dengan Donald tentang masa depan duni,” tuturnya.

Presiden Rusia, Vladimir Putin

Putin menjawab tegas atas tuduhan Rusia membantu Trump menang. Dia mengaku tak mengenal Trump sebelumnya. “Saya tidak mengenal Trump, saya belum pernah bertemu dengannya, saya tidak tahu apa yang akan dia lakukan di kancah internasional, jadi saya tidak punya alasan untuk menyerangnya, mengkritiknya atau membela dia,” tegas Putin.

Lalu apa komentar Trump soal dirinya dan pendukungnya?

“Saya adalah pembangun bangsa terbaik, lihat saja apa yang telah saya bangun, Hillary tidak bisa membangunnya. Saya menarik banyak pendukung sejauh ini. Sebagian besar media sama sekali tidak jujur. Begitu menyedihkan!,” kata Trump. (BBC/cr1/JPG)