Pesawat Militer Jatuh di Ladang Kedelai, 16 Meninggal, Sebagian Besar Calon Marinir

ilustrasi

Harianrakyataceh.com, MISSISSIPPI – Sebuah pesawat militer Amerika Serikat KC-130 jatuh di ladang kedelai di kawasan Leflore County, Mississippi, Senin (10/7) malam waktu setempat.

Sebanyak 16 orang di dalam pesawat tersebut tewas. “Kebanyakan dari mereka adalah calon marinir,” kata Sheriff Ricky Banks, seperti dikutip dari The Clarion-Ledger, Selasa (11/7)

Banks belum bisa memastikan apakah ada warga sipil di pesawat itu.

Di Twitter, US Marine Corps membenarkan insiden tersebut. “Kecelakaan USCC KC-130 terjadi 10 Juli malam. Informasi lebih lanjut akan dirilis,” bunyi pernyataan tersebut.

Sejauh ini belum ada informasi dari mana pesawat itu berasal atau ke mana arahnya. Petugas pemadam kebakaran setempat mengatakan, sejumlah ledakan masih terjadi saat upaya pemadaman. Diduga, ledakan dipicu adanya amunisi di pesawat tersebut.

Laporan menyebutkan pesawat terakhir kontak dengan pengendali lalu lintas udara pada ketinggian sekitar 20.000 kaki. Juru bicara National Safety Board Peter Knudson mengatakan mereka tidak bisa terlibat dalam penyelidikan saat ini karena merupakan pesawat militer.

KC-130 adalah pesawat dengan empat mesin yang merupakan varian dari Hercules C-130 era Perang Dingin. Pesawat ini adalah versi tanker jarak jauh dari Hercules C-130 yang telah dimodifikasi untuk pengisian bahan bakar di udara atau peralatan di darat. Pesawat ini juga bisa mengangkut pasukan dan peralatan. (adk/jpnn)