Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 17 Jul 2017 14:40 WIB ·

Tetapkan Setya Novanto Tersangka, KPK Siap Dipraperadilankan


 Tetapkan Setya Novanto Tersangka, KPK Siap Dipraperadilankan Perbesar

Harianrakyataceh.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Ketua DPR Setya Novanto dalam tersangka, kasus pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP).

Beredar informasi, Ketua Umum Partai Golkar itu akan mengajukan praperadilan setelah ditetapkan tersangka dalam proyek yang merugikan negara Rp 2,3 trilun ini. Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto tersebut.

“Ya kan tidak ada kata untuk menolak, kalau prosesnya berjalan ya berjalan,” tegas Agus di Gedung KPK, Rasuna Said, Jakarta, Senin (17/7).

Agus menambahkan bahwa penetapan Novanto sebagai tersangka sudah berdasarkan pada bukti-bukti yang ada. Sehingga lembaga antirasuah ini tidak mungkin menetapkan tersangka tanpa adanya bukti yang valid.

“Ini sesuatu yang tidak serampangan, tapi sudah dengan alat bukti yang kuat,‎” katanya.

Sekadar informasi, KPK menetapkan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi yang merugikan negara Rp 2.3 triliun.

Novanto juga sebelumnya telah diperiksa oleh KPK terkait dugaan korupsi e-KTP. Dia diduga memiliki peran dalam proses penganggaran atau pengadaan barang dan jasa. Ketua Umum Partai Golkar ini juga diduga telah mengkondisikan pemenang pengadaan e-KTP.

Sementara, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 Kitab Undang-Udang Hukum Pidana (KUHP).

Sebelumnya, dalam kasus ini KPK telah menetapkan dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan Sugiharto, serta pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong.‎(cr2/JPG)

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Waqeefa Menyuplai Air Bersih Gelombang Kedua 169.000 Liter di Kecamatan Lhoknga

20 July 2024 - 14:31 WIB

Kapolda Aceh Launching Layanan Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya

20 July 2024 - 09:54 WIB

Said Mulyadi Terima SK Sebagai Cabup Dari NasDem

20 July 2024 - 06:08 WIB

Tiga Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi Ditangkap

19 July 2024 - 21:34 WIB

Korlantas Polri Siap Tambah Kenderaan Pengawalan PON Aceh-Sumut

19 July 2024 - 16:50 WIB

Tolak Israel Pada Olimpiade 2024, Sejumlah Ormas Islam Akan Gelar Aksi Damai

19 July 2024 - 14:58 WIB

Trending di NASIONAL