Kampus Akper Kesdam Terbakar

Kebakaran yang menghanguskan Kampus dan kantin Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam Iskandar Muda (IM) yang berada di Kompleks Rumah Sakit Kesdam Jalan T. Angkasa Bendahara, Kuta Alam Banda Aceh, Senin (17/7). ISHAK/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Kampus dan kantin Akademi Keperawatan (Akper) Kesdam Iskandar Muda (IM) yang berada di Kompleks Rumah Sakit Kesdam Jalan T. Angkasa Bendahara, Kuta Alam Banda Aceh, sekitar pukul 02.30 WIB, Senin (17/7). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian material diperkirakan puluhan juta.

Kebakaran sempat membuat warga sekitar panik, bahkan sejumlah tenaga medis dibantu anggota TNI secara bersama-sama dengan cepat mengungsikan pasien dari seluruh ruangan ke halaman rumah sakit. Hal itu disampaikan Serda Mahrujar Haris, yang sedang petugas piket.

Mahnujar juga menjelaskan, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian lumayan cepat. Dengan kesigapan unit pemadam yang mengkerahkan 10 unit armada dari Kota Banda Aceh dibantu armada kebakaran dari Aceh Besar, api dapat dijinakkan sekitar pukul 05.30 WIB. Meski demikian, sejumlah armada pemadam kebakaran terlihat masih tetap disiagakan di lokasi kejadian hingga pagi hari.

Beberapa saksi mata yang ditemui di lokasi menyebutkan, bahwa api diduga berasal dari kantin yang bersebelahan dengan ruang belajar, penyebabnya kemungkinan korsleting listrik, karena bangunanya berkontruksi kayu api dengan cepat menjalar dan membesar konon lagi saat kejadian disertai angin yang cukup kencang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Ridwan menjelaskan ada sedikit kendala saat melakukan pemadaman, akses ruas jalan menuju lokasi kecil dan sempit, sehingga menyulitkan armada pemadam kebakaran menembus langsung ke lokasi.
Bahkan menurutnya jalan akses menuju lokasi hanya dapat dilalui mobil-mobil berukuran kecil dengan kapasitas air yang terbatas. Sehingga membutuhkan waktu lama oleh timnya saat bergerak masuk.(mag-71/mai)