Ngeri, Kontainer Parkir di Hypermarket, Isinya 8 Mayat

SHOCK: Polisi melakukan pemeriksaan mendalam dari trailer yang diparkir di lapangan parkir Walmart, San Antonio, AS. ((AP Photo/Eric Gay)

Harianrakyataceh.com – Minggu (23/7) lapangan parkir salah satu hypermarket terisi dengan kesibukan yang tidak lazim. Mobil hilir mudik mengevakuasi puluhan orang dari sebuah kontainer trailer.

Mereka diduga sebagai korban perdagangan manusia. Kondisi mereka cukup memprihatinkan. Berimpitan dan lemas. Bahkan, beberapa orang sudah tak bernyawa.

Awalnya, manajemen hypermarket Walmart mendapat informasi tentang trailer yang mencurigakan dari salah seorang pegawainya. Mereka pun segera menghubungi polisi, lantas bersama-sama memeriksa kendaraan 18 roda itu dengan lebih teliti.

”Kami menemukan delapan mayat,” kata Kepala Polisi Kota San Antonio William McManus dalam jumpa pers kemarin. Mereka juga mendapati lebih dari 30 penumpang lain dalam kondisi dehidrasi parah. Sebanyak 20 orang langsung dikirim ke 7 rumah sakit.

McManus mengatakan, penumpang trailer dengan penyejuk udara yang tidak berfungsi itu bukan hanya orang dewasa. Ada anak-anak. ”Ini tindak pidana penyelundupan manusia,” tandas McManus. Saat ini sopir trailer sudah diamankan polisi. ”Tubuh beberapa penumpang bahkan sangat panas ketika disentuh,” ujar Kepala Pemadam Kebakaran San Antonio Charles Hood.

Saat itu suhu udara di kota yang tidak jauh dari perbatasan Meksiko tersebut sedang sangat panas. Saat siang, temperatur di San Antonio bisa mencapai sekitar 100 derajat Fahrenheit atau 37 derajat Celsius. Jaksa Richard Durbin dari Distrik Barat Negara Bagian Texas menegaskan, para pelaku penyelundupan akan dihukum berat. Polisi akan memburu mereka sampai dapat.

”Mereka (imigran gelap, Red) adalah orang-orang yang tidak berdaya. Bayangkan saja, mereka harus terperangkap di kontainer dalam suhu 100 derajat Fahrenheit. Mereka adalah korban kekejian sindikat penyelundup manusia,” terang Durbin. Dia berharap polisi mendapatkan banyak informasi dari si pengemudi trailer.

Selain sekitar 30 orang yang dievakuasi aparat dan dilarikan ke rumah sakit, ada beberapa penumpang trailer yang dievakuasi masyarakat. Itu terlihat dari kamera pengawas Walmart. Beberapa mobil berhenti di dekat trailer, kemudian membawa keluar beberapa orang untuk dievakuasi. Tidak jelas jumlah penumpang trailer yang dievakuasi masyarakat. (*)
AFP/Reuters/usatoday/hep/c11/any