Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 26 Jul 2017 06:54 WIB ·

Aceh Barat Siaga 1.500 Masker Dibagi Gratis


 Rakyat Aceh Perbesar

Rakyat Aceh

MEULABOH (RA) – Kebakaran lahan gambut di Aceh Barat telah menjalar ke pedalaman hutan gambut. Agar asap tidak menyebabkan Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat bagi gratis 1.500 masker.

“Hari ini, selain bentuk tim yang terus siram lahan gambut terbakar. Juga ada tim yang membagikan 1.500 masker gratis,” kata Kepala BPBD Aceh Barat T. Saluna Polem, Selasa (25/7).

Pembagian masker gratis dilakukan di simpang Kecamatan Samatiga yang padat aktivitas pengguna jalan. Setiap pengguna jalan, kebagian satu masker yang wajib langsung dikenakan.

“Kalau kebakaran lahan gambutnya sudah sampai jauh ke dalam hutan gambut, mana terjangkau lagi dengan kami. Solusinya pencegahan dengan pembagian masker harus dilakukan,” terangnya.

Berdarkan data awal, dari 12 kecamatan wilayah administrasi di Aceh Barat, enam kecamatan dipastikan terjadi kebakaran lahan gambut yakni Woyla Barat (5 hektar), Kecamatan Meureubo (15 hektar), Kecamatan Sama Tiga (10 hektar), Kecamatan Johan Pahlawan (21 hektar), Kecamatan Aronganlambalek (15 hektar) dan Kecamatan Kaway XVI (3 hektar).

”Jika kemarau seperti ini, pasti terus meluas kebakaran lahan gambutnya,” prediksi Saluna.
Bupati Aceh Barat, HT Alaidinsyah yang terus memperhatikan polusi udara di daerahnya, resmi menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan gambut. “Saat ini masih status siaga di Aceh Barat, belum sampai menetapkan status darurat,” jawabnya.

Pemadaman titik api masih terus dilakukan tim reaksi cepat bentukan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA). Heli water bombing milik BNPB telah mendarat di Bandara Cut Nyak Dhien dan segera akan melakukan penyiraman di Aceh Barat.

Ia memperkirakan 69 hektar lahan gambut telah terbakar. “Itu ada yang sengaja dibakar untuk buka lahan dan ada juga yang tidak sengaja, karena lahan gambut rawan terbakar. Puting rokok saja mampu membakar lahan gambut,” terangnya.

Kedatangan heli bom air diharapkan Alaidinsyah, mampu segera memadamkan api yang terus menyala. “Apalagi imbas dari polusi kabut asap, telah menyebabkan 23 warga Aceh Barat positif ISPA,” sebutnya. (den/mai)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Waqeefa Menyuplai Air Bersih Gelombang Kedua 169.000 Liter di Kecamatan Lhoknga

20 July 2024 - 14:31 WIB

Kapolda Aceh Launching Layanan Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya

20 July 2024 - 09:54 WIB

Said Mulyadi Terima SK Sebagai Cabup Dari NasDem

20 July 2024 - 06:08 WIB

Tiga Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi Ditangkap

19 July 2024 - 21:34 WIB

Korlantas Polri Siap Tambah Kenderaan Pengawalan PON Aceh-Sumut

19 July 2024 - 16:50 WIB

Tolak Israel Pada Olimpiade 2024, Sejumlah Ormas Islam Akan Gelar Aksi Damai

19 July 2024 - 14:58 WIB

Trending di NASIONAL