Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

KHAZANAH · 30 Jul 2017 07:43 WIB ·

Strategi Menkes Siasati Minimnya Tim Kesehatan Haji di Arab Saudi


 Calon jamaah haji kloter 1 Jawa Timur yang berangkat dari bandara Juanda. (DIPTA WAHYU/JAWA POS)
Perbesar

Calon jamaah haji kloter 1 Jawa Timur yang berangkat dari bandara Juanda. (DIPTA WAHYU/JAWA POS)

Harianrakyataceh.com – Calon jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka akan melaksanakan ibadah haji selama beberapa hari di Tanah Suci.
Bedanya suhu udara yang ada di negara Timur Tengah itu membuat Kementerian Kesehatan khawatir dengan keadaan calon jamaah haji. Terlebih, tak sedikit dari mereka yang usianya di atas 70 tahun.

Menkes Nila F Moeloek menerangkan, berbagai cara dilakukan agar kesehatan calon jemaah ini terjaga. Bahkan setahun sebelum berangkat, calon jemaah akan diperiksa kesehatannya.

Calon jamaah haji di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, di Pondok Gede, Jakarta

Calon jamaah haji di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, di Pondok Gede, Jakarta (IMAM HUSEIN/JAWA POS)

“Mereka harus mengetahui naik haji ini adalah ibadah fisik. Jadi, cukup berat dengan udara yang begitu beratnya, dan kami dengan Pak Menag melakukan koordinasi dengan Saudi Arabia,” kata dia di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (30/7).

Pihaknya telah menyediakan tenda kesehatan dengan dilengkapi tim medis. “Kami punya tim gerak cepat. Artinya, kita selalu mengingatkan kepada jemaah kebersihan dan tidak lupa meminum air untuk menghindari heatstroke,” tambah dia.

Saat ini, memang tim kesehatan jumlahnya tak seberapa. Tapi menurut Nila hal itu akan cukup membantu. ’’Tim kesehatan ada di Jeddah, dan jumlahnya sedikit. Tapi mereka mobile, di Jeddah mereka di terminal kedatangan,” lanjutnya.

Saat ini, kata dia, suhu di Arab Saudi mencapai 42 derajat celsius. Tentu itu sangat menguras stamina para calon jemaah yang ada di sana. “Ditambah banyak sekali haji yang usianya lebih dari 70 tahun,” kata dia.

(elf/JPC)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Israel Serang Yaman Lewat Udara 2 Tewas dan 80 Terluka

21 July 2024 - 14:50 WIB

Danrem Lilawangsa Intruksikan Kodim Aceh Utara Bangun Dapur Umum 

20 July 2024 - 20:30 WIB

Wakaf Uang Sumber Dana yang Stabil

20 July 2024 - 19:05 WIB

Pemerintah Aceh Ikut Sosialisasi Geoportal Satu Peta 2.0

20 July 2024 - 17:26 WIB

Waqeefa Menyuplai Air Bersih Gelombang Kedua 169.000 Liter di Kecamatan Lhoknga

20 July 2024 - 14:31 WIB

Kapolda Aceh Launching Layanan Penerbitan SIM C1 di Satpas Prototype Polres Pidie Jaya

20 July 2024 - 09:54 WIB

Trending di UTAMA