Lowongan Serius! Dicari: Pelindung Galaksi

nasa.

Harianrakyataceh.comWASHINGTON – Tahan! Jangan berfantasi terlalu jauh. Star Trek, Green Lantern atau Guardian of the Galaxy, semua itu masih fiksi dan belum ada versi yang mendekatinya di dunia nyata.

Bukan juga tentang tim tukang bor pencegah kiamat seperti yang dipimpin Bruce Willis di Armageddon. Bahkan, sebenarnya kemungkinan Anda meninggalkan bumi sangat kecil.

Badan Antariksa AS alias National Aeronautics and Space Administration (NASA) membuka lowongan pekerjaan baru. Bukan sebagai astronot. Melainkan petugas pelindung planet alias planetary protection officer (PPO).

Tugasnya tidak hanya melindungi bumi, tetapi juga planet-planet lain yang tengah diteliti oleh manusia. Bisa dikatakan, PPO setara dengan pelindung galaksi.

Gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan. Yaitu, USD 124.406–USD 187.000 atau setara Rp 1,66 miliar–Rp 2,5 miliar per tahun.

Tak semua bisa mendaftar tentu saja. Sebab, syaratnya cukup sulit. Yang utama, harus warga negara Amerika Serikat (AS).

Selain itu, kandidat haruslah seorang sarjana teknik, ilmu fisika, atau matematika yang memiliki kemampuan diplomasi. Pengetahuannya tentang perlindungan planet-planet juga harus mumpuni.

”Iklan lowongan pekerjaan itu hasil relokasi posisi saya di Kantor Jaminan Misi dan Keselamatan yang merupakan otoritas teknik independen di NASA,” ujar Catherine Conley. Dia menjabat PPO sejak 2014. Jabatan tersebut memang hanya berlaku tiga tahun.