135 CPNS Nagan Ikut Prajabatan

DIKLAT: Sekda Nagan Raya, Cut Intan Mala memasang bet peserta CPNS saat mengikuti diklat prajabatan, Nagan Raya, Senin (14/8). For Rakyat Aceh

SUKA MAKMUE (RA) – Sebanyak 135 orang calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Nagan Raya mengikuti diklat prajabatan dengan formasi honorer K2 dan dokter jalur khusus angkatan III, IV, V dan VI. Berlangsung di aula SKB Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Senin (14/8).

 

Sekda Nagan Raya, Cut Intan Mala, mengatakan diklat prajabatan merupakan pembekalan yang kompherensif agar CPNS mempunyai pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara sekaligus pelayan masyarakat yang baik.

 

“Diklat prajabatan ini bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai PNS dalam rangka pembinaan SDM aparatur yang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaran pemerintahan dan pembangunan,” kata Cut Intan Mala.

 

Menurutnya, dengan adanya diklat prajabatan tersebut, berharap agar CPNS dapat memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranan sebagai agen pembaharuan yang memiliki cara berpikir, bersikap serta bertindak secara benar dan tepat dalam melayani masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang baik.

 

“Sebagai CPNS yang akan menjadi PNS, dalam diklat prajabatan nantinya akan diberikan pedoman dasar dalam melaksanakan tugas yang baik sebagai aparatur negara, sehingga dengan diklat prajabatan ini akan melahirkan pelayanan publik yang baik serta PNS yang profesional,” ujar Sekda.

 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengambangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Nagan Raya, Zakaria, mengatakan peserta CPNS yang mengikuti diklat prajabatan formasi honorer K2 tersebut merupakan gelombang ke II yang berjumlah 135 orang termasuk 9 orang dokter jalur khusus.

 

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 14 hari kerja yang akan dibagi menjadi dua tahap, yang mengikuti diklat ini telah memenuhi syarat administratif serta telah mengikuti masa percobaan lebih kurang satu tahun dengan menunjukkan prilaku dan kinerja yang baik serta hasil penilaian dari masing-masing kepala SKPK,” kata Zakaria. (ibr/bai)