Jalan Lintasan Nagan Raya-Takengon Terancam Putus  

Jalan lintasan Takengon, menuju Jeuram, Kabupaten Nagan Raya terancam putus totol di Gunung Batu Kareng Hijo, kawasan kaki Gunung Singgah Mata, Rabu (16/8) IBRAHIM ISTRA/RAKYAT ACEH

SUKA MAKMUE (RA)- Jalan lintasan Takengon, Kabupaten Aceh Tengah menuju Jeuram, Kabupaten Nagan Raya, dan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat terancam putus totol di Gunung Batu Kareng Hijo, kawasan kaki Gunung Singgah Mata.

Informasi diterima Rakyat Aceh, Rabu (16/8), jalan tersebut sudah sangat parah, warga yang melintas di daerah itu harus ektra hati-hati, karena disisi tebing longsor itu terus mengancam ruas jalan diperkirakan jika dilanda hujan deras akan terjadi putus totol jalan lintasan antar Kabupaten itu.

Meski kondisi yang sudah sedemikian parah, tapi belum ada satupun alat berat di lokasi, atau tanda-tanda akan diperbaiki sehinga jalur Nagan Raya-Takengon terancam amblas.

Rustam Effendi, Camat Beutong Ateuh Banggalang, kepada Rakyat Aceh, mengatakan, kondisi jalan Nagan Raya-Takengon yang terancam putus sepanjang 50 meter yang saat ini sulit dilintasi bagi penguna jalan, terutama bagi kendraan roda empat.

Menurutnya, kondisi jalan tersebut sudah dilaporkan ke pihak berwenang di tingkat Kabnpaten, bahkan Provinsi untuk depat segera ditangulangi, dengan membawa alat yang diperlukan dalam menangani jalan yang terancam putus itu.

“Jalan ini harus segera di pinda sepenjang 50 meter, karena, bila kondisi ini dibiarkan begitu saja akan putus total ketika di hantan hujan deras nantinya,” kata Camat Rustam.

Menurutnya, sekarang ini setiap warga yang melintas di kawasan itu sangat silit dan khawatir, karena jalan akan amblas ke jurang gunung, sebab sebagian bahu jalan sudah mulai longsor. (ibr)