Mahasiswa Bakar Bendera Malaysia

BAKAR BENDERA: Mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Bela pendidikan (Sombep) Meulaboh, menggelar aksi pembakaran bendera kerajaan Malaysia sebagai bentuk kekeceweaan mereka lantaran bendera Negara Indonesia di pasang terbalik pada event SEA Gemes Malaysia, Meulaboh, Selasa (22/8). DENI SARTIKA/RAKYAT ACEH

MEULABOH (RA) – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Bela Pendidikan (Sombep) Meulaboh, menggelar aksi pembakaran bendera kerajaan Malaysia. Pembekaran ini bentuk kekecewaan atas terbaliknya bendera Indonesia pada event SEA Gemes Malaysia.

Aksi pembakaran bendera berlangsung di ruas jalan Gajah Mada, Meulaboh, Selasa (22/8).
Koordinator aksi, Rizwan, menuturkan tindakan pembakaran bendera Malaysia dilakukan, sebagai protes terhadap pihak kerajaan Malaysia yang telah memasang bendera Negara Indonesia secara terbalik di buku panduan SEA Games 2017.

“Ini bentuk kekecewaan dengan membakar bendera Malaysia,” katanya.
Sombep menuturkan, bendera merah putih merupakan lambang negara dan bagian dari harkat martabat Indonesia. Pemasangan bendera terbalik, katanya, jelas sebagai bentuk pelecehan.

”Kami tidak terima pemasangan bendera kami terbalik,” ungkapnya.
Mahasiswa juga meminta pihak kerajaan Malaysia melayangkan permintaan maaf secara luas melalui jejaring media sosial atau mengirim surat resmi ke Indonesia.
”Sangat tidak elok, jika kerajaan Malaysia bisa memasang terbalik bendera Indonesia di buku panduan SEA Games,” katanya.

Jika tuntutan permintaan maaf mahasiswa ini tidak direspon oleh pihak kerajaan Malaysia, Rizwan meminta Menteri Pertahanan RI untuk mengambil sikap tegas dengan mendesak pihak kerajaan Malaysia memohon maaf pada Indonesia.(den/mai)