Pertamina MOR I Berikan Pelatihan Safety SPBU di Aceh

SIMULASI KEBAKARAN: Petugas SPBU PT Pertamina (Persero) Aceh mengikuti pelatihan pengetahuan dasar tentang bahaya kebakaran, resiko Health, Safety, Security dan Environment (HSSE) serta penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada para petugas SPBU di Aceh pada Kamis, (24/08). ZULKARNAINI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Kebakaran yang melanda SPBU Simpang Jam, Banda Aceh, beberapa waktu lalu menjadi pelajaran berharga bagi pemilik atau pengusaha pengisian BBM meningkatkan keamanan dan keselamatan tempat usahanya.

Terkait ini juga untuk menambah wawasan aspek safety petugas di lingkungan SPBU, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumbagut Branch Aceh memberikan pelatihan pengetahuan dasar tentang bahaya kebakaran, resiko Health, Safety, Security dan Environment (HSSE) serta penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada para petugas SPBU di Aceh pada Kamis, (24/08).

Branch Manager Marketing Aceh, Addieb Arselan mengungkapkan, pelatihan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan para karyawan dan petugas di SPBU agar dapat mengantisipasi dengan cepat segala risiko dan bahaya yang sewaktu-waktu bisa terjadi di lingkungan SPBU.

“Kami berharap dengan pelatihan safety yang dilakukan terus-menerus, karyawan dan petugas di SPBU dapat tanggap dan sigap menghadapi segala resiko dan masalah yang mungkin terjadi”, ungkap Addieb.

Pada kesempatan tersebut Addieb menyampaikan, kebakaran yang melanda SPBU Simpang Jam memang menjadi pembelajaran betapa pentingnya keamanan dan upaya penyelamatan yang harus dilakukan ketika musibah terjadi.

“Tahapan tahapan yang dilakukan petugas SPBU Simpang Jam sudah sesuai prosedur, segera mematikan api di titik awal terjadi, mematikan aliran listrik dan membuka pompa dorong  aliran ke tangki,” ujarnya lagi.

Program latihan safety yang berlangsung pada Batch I dan Batch II tanggal 21 – 22 Agustus 2017, Batch III tanggal 23 – 24 Agustus 2017 serta Batch IV pada 29-30 Agustus 2017 ini dibagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama para peserta diberikan materi terkait seluruh aspek safety dalam bentuk classroom bertempat di Pertamina Kantor Branch Aceh dan praktek selama dua hari. Berikutnya peserta juga diberikan latihan lapangan penggunaan APAR yang dilangsungkan di pelataran SPBU 13.233.404 Lamsayeun, Darul Imarah, Aceh Besar.

Sebelumnya pelatihan serupa telah diberikan kepada 182 SPBU di wilayah Sumatera Utara dan 49 SPBU di Kepulauan Riau. Pelatihan kali ini di Aceh juga diikuti 114 SPBU, sehingga total sudah 345 SPBU yang telah mengikuti pelatihan tersebut, dan jumlahnya akan terus bertambah.

Secara berkesinambungan Pertamina MOR I juga akan memberikan pelatihan serupa di daerah lain. Antara lain Padang dan Pekanbaru. (min)