Haji Uma Dukung Judicial Review UU Pemilu

MK : Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman dan Iskandar Usman Alfalaky, SH (Ketua Fraksi PA), bersama tim kuasa hukum di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (29/8). FOR RAKYAT ACEH

JAKARTA (RA) – Gugatan perkara judicial review oleh DPRA terhadap UU Pemilu telah resmi diterima dan terdaftar di Mahkamah Konstitusi, Selasa (29/8), sekitar pukul 14.00 WIB.

Proses pendaftaran secara resmi dilakukan pada hari Senin kemarin (28/8) yang dihadiri Tgk. Muharuddin (Ketua DPRA), Iskandar Usman Alfalaky, SH (Ketua Fraksi PA) dan tim kuasa hukum serta anggota DPD RI asal Aceh H. Sudirman alias Haji Uma.

Dikarenakan adanya materi yang perlu dilengkapi, maka hari ini kembali dilanjutkan dengan agenda melengkapi materi gugatan perkara.

Sementara anggota DPD RI asal Aceh H. Sudirman atau Haji Uma yang kembali terlihat hadir pada hari ini di Mahkamah Konstitusi, menyatakan mendukung sepenuhnya langkah judicial review DPRA terhadap UU Pemilu.

Kehadirannya dalam kapasitas sebagai salah satu wakil rakyat Aceh di Senayan adalah sebagai bentuk komitmen dan konsistensi dalam upaya bersama memperjuangkan aspirasi dan harapan masyarakat Aceh.

Langkah hukum melalui gugatan judicial review oleh DPR Aceh adalah langkah terakhir dan merupakan hasil rekomendasi dari pertemuan serta lobbi dukungan yang sebelumnya dilakukan DPRA di Jakarta, salah satunya bertemu secara formal dengan Ketua DPD RI di gedung parlemen Senayan.

“Sebagai anggota DPD RI asal Aceh, saya sejak awal sudah berkomitmen mendukung upaya ini karena mempertahankan kekhususan Aceh adalah harapan dari Masyarakat Aceh”, ujar H. Sudirman.

Bahkan sebelumnya anggota DPD RI yang populer disapa Haji Uma menyebutkan secara pribadi dengan fungsi dan wewenang yang dimiliki sebagai senator telah turut bertindak dengan menyurati ketua DPD RI dan juga menyampaikannya dalam sidang paripurna DPD RI serta turut memfasilitasi pertemuan DPRA dengan Ketua DPD RI.

Menurut H. Sudirman, dalam proses pengajuan gugatan di Mahkamah Konstitusi, beliau telah bersama mendampingi pihak DPRA sejak kemarin dan dilanjutkan hari ini dengan agenda melengkapi berkas perkara gugatan UU Pemilu oleh DPRA di Mahkamah Konstitusi.

“Dengan diterimanya berkas gugatan, kita mengharapkan doa dan dukungan semua pihak untuk hasil terbaik nantinya sebagaimana harapan seluruh masyarakat Aceh”, tutup H. Sudirman. (ri/ra)