Wisata Pantai Ramai Pengunjung Laut Lhokga Telan Korban

PATROLI: Petugas Basarnas Banda Aceh patroli di Pantai Lhokga, Aceh Besar, Ahad (3/9). Patroli ini rutin dilakukan Basarnas Banda Aceh pada hari libur akhir pekan, guna mencegah hal–hal yang tidak diinginkan. HENDRI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Sejumlah lokasi wisata pantai di Banda Aceh dan Aceh dipadati wisatawan dari berbagai daerah, Ahad (3/9).
Libur terakhir atau H+3 momen lebaran Idul Adha dimanfaatkan warga untuk berlibur bersama keluarga, seperti pantai, Lhokga, Lampuuk dan Ule Lheu.

Pantaian Rakyat Aceh, pengunjung antusias mandi air laur dan bermain pasir, ada juga yang hanya sekedar duduk santai menikmati keindahan pantai di gubuk dan bangku telah disiapkan oleh pengelola pantai.

Meskipun terlihat padat pengujung, namun situasi arus lalu lintas terpantau padat dan lancar, baik menuju kawasan objek wisata maupun arah sebaliknya.

“Kami pilih liburan ke pantai karena di sini tempat liburan  yang paling menarik,” kata Ikram, salah seorang pengujung asal Aceh Besar saat ditemui di Pantai Lhokga Aceh Besar.

Tak hanya  Ikram, wisatawan lainnya, Novia  Warga Banda Aceh, mengaku betah berenang dan berendam di pantai, meski bukan tempat asing baginya,  karena kalau tidak momen libur mereka tidak bisa sempatkan waktu berlibur sama keluarga

“Seperti sudah jadi kewajiban kalau liburan harus ke sini, karena disini tempat liburan menarik dan kumpul bersama  keluarga,”ujarnya. Menyikapi ramainya pengunjung, petugas gabungan yang terdiri dari Polri, TNI, Rapi dan Basarnas. Disiagakan untuk berjaga-jaga kawasan pantai untuk memberikan imbauan kepada pengunjung. Berbagai cara lainnya dilakukan guna menjamin keamanan dan keselamatan para pelancong di lokasi wisata.

Apalagi mengingat telah banyak menelan korban jiwa, kasus terakhir terjadi Jumat (1/9), seorang pengunjung, diketahui warga, Medan Sumatera Utara tenggelam saat mandi laut di objek wisata Lhoknga, Aceh Besar.

PUSDALOPS-PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, korban bersama empat temannya pergi ke pantai Lhoknga untuk mandi, kemudian korban terseret arus.

Melihat korban yang tidak dapat berenang dan mulai tenggelam sempat di tolong oleh rekannya, namun korban terlepas dari pegangan temannya, langsung terseret arus, sementara tiga teman korban selamat dari musibah tersebut.

Korban diketahui bernama Aditya Prayoga (20), beralamat di Helvetia timur. Jl. Istiqomah. Medan Sumatera Utara, keempat korban tersebut merupakan buruh bangunan yang bekerja di Banda Aceh.

Pencarian korban melibatkan tim SAR,POLAIR dan di bantu oleh TRC BPBD Aceh Besar serta relawan komunikasi RAPI. Akhirnya pada Sabtu (2/9) Sore sekira 16.30 Wib korban ditemukan. Dalam kondisi meninggal dunia.

Penemuan korban di dekat dimana dia tergelam dan ia terapung, dalam ombak. Kini Jasad korban telah dikebumikan di kampung halamannnya. (Ibi/slm)