Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

Uncategorized · 9 Sep 2017 07:16 WIB ·

Gempa 8,1 SR Guncang Meksiko, Puluhan Mayat Bergelimpangan


 Gempa guncang Meksiko. (Huffington Post) Perbesar

Gempa guncang Meksiko. (Huffington Post)

Harianrakyataceh.com – Meksiko diguncang gempa besar yang mengerikan dengan kekuatan 8.1 SR. Gempa ini yang terkuat selama delapan dekade. Sedikitnya 60 jenazah di temukan dalam insiden mengenaskan itu.

Gempa yang berpusat di lepas pantai selatan Meksiko itu lebih kuat daripada gempa dahsyat tahun 1985 yang meratakan kota Mexico City. Kali ini kerusakan untungnya lebih ringan dibanding tahun 1985, karena pusat gempa terletak jauh dari kota.

“Gempa itu hampir membuat saya terjatuh,” kata saksi mata yang berprofesi sebagai penjaga keamanan, Gildardo Arenas Rios, dilansir dari Huffington Post, Sabtu (9/9).

Kota Oaxacan di Juchitan menjadi titik paling dahsyat di Meksiko yang menanggung beban bencana tersebut. Balai kota, sebuah hotel, gereja, sebuah bar dan bangunan lainnya porak-poranda rata dengan tanah.

“Situasinya sangat genting, ini kejadian paling mengerikan dalam sejarah, “kata Wali Kota Gloria Sanchez.

Bangunan hancur, ubin jatuh dan pecahan kaca pecah dari toko dan puing perbankan mengotori trotoar Juchitan. Sejumlah penduduk masih trauma dan memilih di luar gedung dengan waspada, khawatir gempa susulan terjadi.

Alma Rosa, saksi mata yang menjaga kerabatnya terbungkus kain jenazah berwarna merah terus menangis. “Kami pergi untuk membeli peti mati, tapi tidak ada, kehabisan, karena ada begitu banyak mayat,” ucapnya terisak.

Jenazah bergelimpangan terjadi di tiga lokasi di dekat pusat gempa yang berjarak sekitar 70 km (40 mil) di lepas pantai. Di Oaxaca tercatat 45 orang meninggal, sementara di Chiapas ada 12 jenazah dan di Tabasco ada 3 jenazah.

Dampak lainnya, ribuan orang di wilayah pesisir dievakuasi. Dikhawatirkan gempa memicu tsunami. Namun akhirnya, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik memastikan ancaman tsunami sudah lewat.

(ika/JPC)

 

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

H. Musannif, Ketua Yayasan Darul Ihsan Peusijuk dan Kukuhkan 242 Alumni Angkatan XIX

27 March 2024 - 18:24 WIB

Pj Gubernur Aceh Bersama Pj Bupati Aceh Besar Santuni 25 Anak Yatim

22 March 2024 - 17:09 WIB

Peringati Earth Hour, Pj Bupati Aceh Besar Serukan Pemadaman Lampu Selama 1 Jam 

22 March 2024 - 16:30 WIB

Kapal pengangkut Rohingya diduga terbalik di perairan Aceh Barat

20 March 2024 - 14:36 WIB

Ketua Yayasan Laskar Cabut Laporan dan Minta Maaf kepada Kapolres Sabang

20 March 2024 - 11:25 WIB

Kasus Korupsi PT BPRS, Kejari Bireuen Hadirkan Tujuh Saksi dan Tiga Ahli

19 March 2024 - 22:44 WIB

Trending di Uncategorized