Warga Serahkan Senjata M 16

Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priyambodo Nugroho, menerima senjata sisa konflik Aceh dari Kepala Desa Kuala Manye. Kamis (14/9). DENI SARTIKA/RAKYAT ACEH

MEULABOH (RA) – Warga kampung Kuala Manye, Kecamatan Panton Re, Kabupaten Aceh Barat, menyerahkan satu pucuk senjata api laras panjang jenis M-16 ke Polres Aceh Barat. Penyerahan diwakilkan pada perangkat desa setempat di halaman Mapolres, Kamis (14/9) siang.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Teguh Priyambodo Nugroho Sik, mengatakan senjata yang diserahkan dalam kondisi baik. “Yang diserahkan satu unit serta megazen dengan enam butir peluru,” katanya.

Senjata tersebut, sambung Teguh, diyakini merupakan sisa konflik yang digunakan mantan kombatan. “Ceritanya ada warga datang ke keucik, menyerahkan senjata. Keucik serahkan ke Polisi,” urainya.

Namun warga Gampong Kuala Manye yang menyerahkan senjata melalui kepala desa, diungkapkan Teguh, menolak namanya dipublikasikan. Ia menyerahkan senjata bertujuan dapat diamankan, agar tidak disalahgunakan yang berujung mengganggu ketertiban umum.

Sejuah ini, Polres Aceh Barat telah mengamankan empat pucuk senjata laras panjang. Ia menjelaskan, dua pucuk senjata hasil penyerahan warga dan dua pucuk lainnya, diperoleh dari hasil penyergapan tindakan kriminal.

Ia berharap warga yang masih menyimpan senjata agar segera diserahkan pada pihaknya. “Warga yang serahkan senjata, tidak akan kita proses, kecuali yang bersangkutan terkait dalam masalah pidana kriminal,” jelasnya.

Keuchik Desa Kuala Manye, Syafi’i Ibrahim, usai penyerahan senjata, mengatakan warga yang menitipkan senjata bukan mantan kombatan. “Datang warga saya serahkan senjata. Saya langsung serahkan ke Polisi biar dapat diamankan,” jelasnya singkat. (den/mai)