BKSDA Amankan Elang Bondol

DIRAWAT: Petugas karantina memeriksa kondisi Elang Bondol (Haliastur indus) yang mengalami luka pada kaki di kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh di Banda Aceh, Jumat (15/9). BKSDA Aceh merawat seekor Elang Bondol dan se-ekor Siamang (Symphalangus syndactylus) yang diserahkan warga dalam koindisi luka dan kondisi kedua satwa itu mulai membaik setelah dilakukan pengobatan. HENDRI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh berhasil mengamankan satu ekor Elang Bondol (Haliastur indus).

Elang tersebut diperkirakan masih berusia tiga tahun, berkelamin jantan, diamankan dari seorang warga di kawasan di Danau Bunaran, Kecamatan Kuta Baharu, Kabupaten Aceh Singkil pada hari, Rabu (13/9).

Saat ini, elang itu sudah tiba di kantor BKSDA Banda Aceh, untuk mendapatkan perawatan medis karena mengalami luka pada kaki sebelah kanan, serta sayap elang itu telah di potong oleh warga.

“Setelah elang ini sembuh kita lepas liarkan ke habitat alaminya,” kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, Jumat (15/9) di Banda Aceh.

Untuk kondisi saat ini elang tersebut, sudah membaik setelah dilakukan pengobatan. “Tadi baru tiba di kantor, langsung kita lakukan perawatan,” sebutnya.

Sementara itu, terkait dengan masih banyak binatang yang dilindungi dipelihara warga, pihaknya akan terus memonitor. “Kita akan terus melihat dan monitoring,” sebutnya. (ibi/bai)