EVAKUASI: Petugas PMI membawa jenazah wisatawan Malaysia saat tiba di Ulee Lheu, Banda Aceh, Jumat (15/9). Tewasnya wisatawan ini diduga saat Snokling di Pesisir Pantai Gampong Ujong Kareung Kecamatan Sukajaya Sabang. HENDRI/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Faisal wisatawan asal Malaysia meninggal saat snorkeling di Pantai Ujong Kareung, Kecamatan Sukajaya, Sabang, Jumat (15/9).

“Air dalam keadaan normal, tahu-tahu dapat kabar kawan saya telah tiada,” kata Khalid, rekan korban yang ditemui saat mengantarkan jenazah di Pelabuhan Ule Lheu, Banda Aceh.

Disebutkan, rekannya tenggelam sekitar pukul 09.00 WIB. “Kami sudah beberapa kali ke Sabang untuk liburan, kalau kita katakan dia tidak bisa berenang, pada saat datang kemarin ia juga ikut diving di Sabang, ini sudah naas,” ujarnya.

Sementara itu, menurut saksi mata, Wahyudi warga Jurong Lhok Igeuh Gampong Ujong Kareung, Sukajaya Sabang, korban beserta empat rekannya sedang snorkeling. Setelah beberapa saat kemudian, rekan korban kembali ke daratan untuk beristirahat, namun korban masih melanjutkan kegiatan.

“Beberapa menit setelah rekannya naik ke daratan, melihat korban yang sudah terombang-ambing di atas permukaan laut, dengan spontan saksi langsung melakukan pertolongan terhadap korban,” sebutnya.

Setelah ditolong dan dibawa ke pinggir pantai, selanjutnya warga menghubungi BPBD Kota Sabang dan PMI Kota Sabang. “Korban dibawa ke RSU Kota Sabang menggunakan mobil PMI, tapi nyawa korban tidak bisa ditolongkan lagi,” jelasnya.

Setelah tiba di pelabuhan Ule Lheu Banda Aceh, jenazah langsung dibawa ke Medan, diterbangkan ke Malaysia untuk dikebumikan di kampung halamannya Kuala Lumpur.(ibi/mai)