Kampung KB Madani Kencana Diresmikan

KAMPUNG KB: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT yang didampingi Dandim 0110 Abdya Puji Hartono memberikan Vaksin kepada bayi saat kegiatan peluncuran kampung KB madani di Gampong Keude Baro, Senin (18/9). Rahmat/Rakyat Aceh

BLANGPIDIE (RA) – Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB) di gampong Keude Baro, Kecamatan Kuala Bate, kabupaten setempat, Senin (18/9).

Wabup Abdya menyebutkan, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Aceh, akan tetapi dilakukan seluruh indonesia, termasuk di Abdya salah satunya di kecamatan setempat. “Program KB ini bukan tidak boleh beranak atau membunuh anak, akan tetapi untuk mengatur angka kelahiran. Ini adalah program yang baik,” katanya.

Kata Muslizar, sebagai pilot project, nantinya di Gampong Keude Baro, Kuala Batee ini akan dikembangkan program-program Kependudukan dan Kesehatan yang dilaksanakan secara bersama-sama secara lintas sektoral oleh Pemkab Abdya bersama TNI dengan kegiatannya Manunggal KB-Kes, dan juga masyarakat setempat yang bertujuan untuk membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

Diantara program yang akan dilaksanakan adalah Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, dan Bina Keluarga Lansia, Pemberdayaan Ekonomi Keluarga, Pemantapan Posyandu terintegrasi dan lain sebagainya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Aceh, M. Yani, M.Kes, PKK yang diwakili oleh Kabid Pelatihan dan Pengembangan, Saflawi MM menyebutkan, untuk Abdya ini pada tahun 2016 telah dibentuk Gampong Sejahtera di Kecamatan Manggeng.

“Tahun 2017 ini kita harapkan setiap kecamatam harus ada 1 kampung KB. Sehingga dengan terbentuknya kampung KB ini terarah sehingga masyarakat lebih berkualitas,” harapnya. (mag-80/bai)