Rapat via Whatsapp

Foto : Baihaqqi/Ist
BANDA ACEH (RA) – Meski sibuk dalam banyak hal, namun agenda rapat seorang redaktur satu hal yang tidak luput darinya, karena setiap hari selalu harus menghadiri rapat. Apa itu rapat tor untuk wartawan, ataupun rapat listing dan banyak lagi rapat-rapat lain di dapur redaksi di perusahaan surat kabar.
Baihaqqi, sebut saja namanya. Ia bekerja di sebuah perusahaan surat kabar terbitan di Banda Aceh dengan jabatan redaktur pemegang halaman. Ia sering bersosmed, semisal dengan whatsapp atau sering dikenal dengan sebutan WA, karena aplikasi ini menurut dia lebih nyaman dan mudah, makanya dia lebih memilih whatsapp.
Dia juga sering melakukan rapat dengan rekan-rekannya melalui whatsapp karena ada sebagian rekannya berada di luar kota. Walaupun sedang berada diluar kota, namun rapat tetap harus berjalan dengan semestinya via whastapp dan di dalam aplikasi whatsapp dia membentuk satu group khusus redaktur, disitulah mereka memulai rapat walau satu sama lain lagi tidak di kantor.
Disitulah group yang di bentuk berdiskusi setiap hari tentang berita dan isu apa yg didapat oleh wartawan seharian dan disisi lain karena dunia sekarang sudah lebih canggih banyak kalangan menggunakan handphone android jadi lebih mudah beraktifitas.
Menurutnya, menggunakan whatsapp juga harus mengunakan paket data, karena tanpa paket data semua gak berjalan dan ia lebih memilih mengunakan paket data yang disediakan oleh telkomsel yang jaringannya memadai sampai ke pelosok negeri.
Ia mengatakan, profesi jurnalis saat ini tak terlepas dengan sosmed untuk lebih mudah beraktifitas seperti mendapat info kejadian dari teman, terus sampai ditugaskan ke daerah-daerah terpencil untuk meliput sebuah berita yang sedang terjadi, terus menelpon sumber dan lain-lain.
Selain itu, segala hal apakah foto atau berita harus mengirim berita via email. “Tanpa paket data dan jaringan yang bagus pasti pekerjaannya tidak berjalan, maka itu ia dan kawan kawan redaktur lainnya lebih memilih menggunakan kartu hallo hybrid selain hemat paket data juga memadai untuk seorang jurnalis,” pungkasnya.lizza/Ra