Nelayan Gunakan Facebook dan Whatsapp Cek Harga Ikan

Tangkapan Nelayan/Ist

BANDA ACEH (RA) – Sejumlah nelayan di kawasan Ulhe Lheue, Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, beberapa hari ini mendapat rezeki lebih, karena berhasil membawa pulang enam ton ikan tongkol.

Tangkapan ikan yang banyak memang sering terjadi. Bahkan beberapa hari lalu, nelayan Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan berhasil menangkap ratusan ekor ikan layaran seberat lima ton.

Menurut pawang KM Bintang Cempaka, Sutan bin Maulana, mereka sebelum ke laut terlebih dulu mencek suasana laut yang jauh di sana ke pihak BMKG. “Jika informasi BMKG aman, kami berlayar mencari berbagi jenis ikan di laut,” katanya.

Bahkan, jika mendapat tangkapan seperti hari ini, sebelum sampai ke darat, Sutan mencek dulu harga ikan di pelabuhan TPI yang berdekatan kapal. Jika harga sesuai, maka kapal akan merapat ke pelabuhan terdekat, namun jika tidak sesuai akan mendarat ditempat parkir terakhir.

 “Untuk mencek suasana di laut dan harga ikan, saya sering mengunakan facebook dan whatsapp. Tentukan mengunakan paket data yang menunjang. Saya gunakan paket data Telkomsel, baik untuk menelepon maupun mencek harga ikan,” kata Sutan.

Katanya, data aplikasi mengunakan jaringan Telkomsel lebih mudah diakses, selain jaringan yang baik, jangkauannya pun lebih jauh, hampir seluruh wilayah laut Aceh mudah mendapat akses Telkomsel,” sebutnya. (bai)