34 Ekor Gajah Berhasil di Giring

Tim 8 dan masyarakat foto bersama usai melakukan pengiringan gajah di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Ahad (24/9). MANSURI/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Sebanyak 34 ekor gajah yang menduduki lahan pemukiman di empat kampung di Kecamatan Pintu Rime Gayo sudah berhasil di giring oleh tim 8, masyarakat dan tim WWF Provinsi melewati sungai Peusangan selama tiga hari.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Pintu Rime Gayo, Iwan Pasa Kepada Rakyat Aceh, Ahad (24/9).

“Selama tiga hari, kami bekerja ekstra 24 jam, kami tidur dilapangan agar gajah tidak kembali ke pemukiman warga dan alhamdulillah, sekira pukul 17:30 WIB kemarin, kami berhasil mengiring gajah sebanyak 34 ekor keluar dari pemukiman warga,” ungkap Iwan Pasa.

Disebutkanya, gajah di Kecamatan Pintu Rime Gayo selama ini menjadi konflik yang berkepanjangan di wilayah kerjanya dan belakangan gajah juga merusak tanaman perkebunan warga dan bebarapa rumah warga dirusak oleh gajah.

“Kita telah berkordinasi dengan Dinas Sosial dan BPD Bener Meriah agar dapat membantu masyarakat yang mengalami kerugian seperti halnya tanaman perkebunan dan beberapa rumah warga yang dirusak pada bagian dapurnya,” ujarnya.

Menurut Iwan Pasa, setelah melakukan koordinasi dengan BPD dan Dinas Sosial Bener Meriah akan berupaya membantu masyarakat yang mengalami kerusakan pada bagian rumah. “Ada sekitar empat rumah warga yang dirusak pada bagian dapur, namun untuk lahan perkebunan kita belum dapat memastikan berapa keruagian warga,” ujarnya.

Kata Iwan, guna menyelesaikan komplik gajah dan manusia, akan mengusulkan program yang bersifat jangka panjang, menengah dan jangka pendek.

“Untuk jangka pendek kita harus segera memperbaiki galian yang sudah tertimbun agar gajah tidak kembali dan jangka panjang dan selanjutnya, kita harus menanam pakan untuk gajah agar tidak masuk kepemukiman warga dan menyediakan lahan lebih kurang 3.000 hektar untuk gajah,” terangnya.

Ia berharap, pemerintah provinsi maupun pusat dapat mendukung menganggarankan agar konflik gajah dengan manusia dapat diakhiri. (mag-70/bai)