TNI Terobos 10 Kilometer Jalan Terisolir

SERAHKAN CANGKUL : Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib menyerah cangkul secara simbolis tanda dibukanya TMMD Reguler Ke 100 Kodim 0103 Aceh Utara, di Gampong Alue Dua, Nisam Antara, Rabu (27/9). IDRIS BENDUNG-RAKYAT ACEH

NISAM ANTARA (RA) – Bupati Aceh Utara, H Muhammad Thaib secara resmi membuka Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) reguler ke 100 jajaran Kodim 0103 Aceh Utara, untuk membuka 10 Km jalan terisolir di Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Rabu (27/9).

Pembukaan TMMD yang dihadiri ribuan masyarakat dari enam gampong diawali dengan tarian selamat datang atau tari ranup lampuan yang ditampilkan ibu-ibu Persit Candra Kirana Kodim 0103 Aceh Utara.

Bupati Muhammad Thaib, mengawali menerima ranup dan disusul Danrem 011 Lilawangsa Kol Inf Agus Firman Yusmono, Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji, Dandim 0103 Letkol Fajar dan mewakili Danlanal Lhokseumawe.

Melalui pembukaan TMMD ini maka prajurit TNI berupaya menerobos jalan terisolir hingga tuntas sepanjang sekitar 10 Km dari Dusun Jabal Antara tembus ke Dusun Rikit Musara, demi kemudahan masyarakat yang kini didiami sekitar 150 kepala keluarga.

Bupati dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah Aceh Utara, sangat berterima kasih kepada jajaran Kodim 0103 dibawah Komando Resimen Militer (Korem) 011 Lilawangsa, yang melakukan penerobosan jalan terisolir di kecamatan yang terdahulu berbasis konflik.

“Dengan membaiknya jalan itu nanti bakal mempermudah masyarakat memasarkan hasil perkebunan mereka. Walaupun kini Pemda Aceh Utara, sangat minim membantu dananya” kata Muhammad Thaib.

Lebih lanjut dikatakan, Pemda Aceh Utara, sangat mendukung program ini kendati anggaran perubahan APBK Aceh Utara, belum disahkan.

“Kita sangat mendukung walaupun anggaran belum disahkan. Saya berjanji selama kepemimpinan lima tahun kedepan ini, anggaran TMMD akan saya tingkatkan sampai tiga kali lipat. Kenapa ? Ini tidak terlepas dari tujuan kemakmuran rakyat saya,” kata bupati dengan sapaan Cek Mad.

Donor darah
Dilokasi pembukaaan TMMD juga berlangsung aksi donor darah yang diikuti oleh puluhan prajurit TNI dan masyarakat setempat. Selain itu, hadir posko kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan.

Penampilan Pencak silat
Seusai pembukaan TMMD Ke 100, hadirin disuguhkan penampilan atraksi pencak silat dari Pesantren Misbahul Ulum, Paloh, kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe yang merupakan binaan Pabung Kodim Yusri.

Selanjutnya tarian dari anak-anak Sekolah Dasar 12 banda Sakti, Lhokseumawe, binaan istri Wali Kota Lhokseumawe, Suaidi Yahya.

Dan dilanjutkan dengan kenduri bersama perwira TNI, Polri, Tokoh masyarakat, geuchik, alim ulama dan warga Nisam Antara. (ung/min)