20 Orang PNS Subulussalam Angkat Kaki

SUBULUSSALAM (RA) – Sebanyak 20 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota Subulussalam pindah tugas ke daerah lain. Jumlah tersebut kurun waktu dua tahun, 2016 – 2017. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, H. Mustoliq kepada rakyataceh diruang kerjanya, Senin (2/10).

” sekitar 20 orang PNS Subulussalam pindah tugas dengan kurun waktu dua tahun. Tujuan pindah kesemuanya masih dalam wilayah Provinsi Aceh, seperti ke Aceh Singkil, Abdya, Banda Aceh dan Aceh Tenggara ” kata Mustoliq.

Sebaliknya, Pemerintah Kota Subulussalam juga menerima PNS pindahan dari daerah lain dan semuanya dari Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dengan jumlah 12 orang. Ke 12 orang PNS pindahan dari Aceh Singkil itu, merupakan yang tinggal di Subulussalam tapi selama ini bekerja¬† di Pemkab Aceh Singkil ” mereka yang pindah ke Subulussalam dari Aceh Singkil memang asli orang Subulussalam ” ujar Mustoliq.

Kata Mustoliq, dari 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Kota Subulussalam merupakan daerah yang paling sedikit jumlah PNS nya yang berkisar 2136 orang PNS. Sehingga, Kota Subulussalam terbilang kekurangan PNS terlebih guru di Sekolah tingkat SD dan SMP. Ditambah, beberapa orang PNS sudah pensiun dan memasuki masa pensiun. Dari bulan Januari sampai Oktober tahun ini ada enam PNS yang sudah masuk Batas Usia Pensiun, belum lagi pensiun Atas Permintaan Sendiri ” diperkirakan sampai tahun 2020, jumlah PNS Pemko Subulussalam yang masuk dalam masa pensiun terbilang cukup banyak. Tapi formasi PNS belum ada dibuka ” sebutnya.

Sementara, Edi Sahputra dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh Kota Subulussalam sangat menyayangkan dengan dikeluarkannya rekomendasi pindah tugas PNS ke luar daerah. Menurut Edi, terkesan Kota Subulussalam hanya dijadikan batu loncatan untuk menjadi abdi negara oleh warga luar dan setelah itu meminta pindah ke daerah asalnya.

Edi berharap kepada Walikota Subulussalam sebagai pembina PNS di daerah itu untuk tidak mengeluarkan surat rekomendasi pindah. Karena, Kota Subulussalam sendiri masih kekurangan PNS ” ya jelas lah Pemko Subulussalam kekurangan PNS, karena begitu diajukan surat pindah langsung dikabulkan. Apalagi PNS Subulussalam banyak dari luar yang bukan asli putra daerah sehingga terkesan Subulussalam ini hanya dijadikan batu loncatan, setelah mendapat apa yang diinginkan minta pindah langsung dikabulkan ” kata Edi (lim).