Upacara TNI HUT ke 72 di Eks Markas GAM

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto sebagai pemimpin upacara HUT TNI ke 72 di bekas Markas GAM di Gampong Alue Dua, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Kamis (5/10). IDRIS BENDUNG-RAKYAT ACEH

ACEH UTARA (RA) – Tentara Nasional Indonesia (TNI) jajaran Kodim 0103 Aceh Utara, menggelar upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72, kali ini di lapangan eks markas Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Gampong Alue Dua, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, Kamis (5/10).

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Kav Fadjar Wahyudi Broto, langsung memimpin upacara . Peringatan ini sekaligus bersamaan dengan agenda membuka jalan terisolir program TMMD Reguler Ke 100 di Dusun Jabal Antara, Nisam Antara.

“Memang kita upacara HUT TNI kali ini dibekas lapangan latihan Gerakan Aceh Merdeka (GAM),” kata dandim.

Kendati demikian menurut Fadjar, upacara HUT dibekas tempat latihan militer GAM situasi cukup aman dan kondusif.

“Di Alue Dua inilah tempat berkumpul GAM dari berbagai daerah saat konflik masa lalu,” kata perwira dua melati di pundaknya itu menjawab Rakyat Aceh, seusai upacara.

Sementara itu, ditempat terpisah ketua KNPI Kecamatan Nisam Antara, Muhammad Amin yang dikonfirmasi membenarkan lapangan Alue Dua, sebelumnya adalah tempat upacara GAM.

“Lapangan di Alue Dua ini merupakan tempat upacara anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada Milad atau ulang tahun 4 Desember saat konflik lalu,” kata Amin sembari menambahkan paling tidak upacara Milad GAM ada dua kali digelar masa konflik.

Bersama Nikmati Mie Calok
Usai upacara HUT TNI Ke 72, di Lapangan Alue Dua, Nisam Antara, Aceh Utara, Dandim 0103 bersama sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik menikmati Mie Calok.
Tanpa sungkan dandim menikmati mie khas murahan Aceh itu, dengan sangat lahap. Mau tak mau, wartawan yang ikut juga minta tambah mie calok.

“Enak juga mie ini. Apa namanya,” kata Letkol Fadjar sesaat menikmati mie berbungkus daun yang harganya cuma Rp 2 ribu sebungkus.

Pantauan Rakyat Aceh mie calok kebetulan ada saat itu tidak terlepas Alue Dua, keciprat jadwal hari pekan. “Kalau hari ini kan pekan.Jadi ada mie khas aceh,” kata Syarifuddin. (ung/min)