Timbun Tanah Kuburan Warga Temukan Mortir

Polisi dari Polsek Mila, Pidie, memperlihatkan jenis mortir diduga peninggalan perang dunia kedua yang ditemukan Basri, warga Ilot, saat sedang melakukan penimbunan tanah kuburan, Ahad (8/10). FOR RAKYAT ACEH

SIGLI (RA) – Basri bin Sufi, Warga Gampong Tunong Ilot, Kecamatan Mila, Kabupaten Pidie, menemukan bom mirip mortir yang diperkirakan peninggalan perang dunia kedua di desanya.

Bom tersebut ditemukan saat dirinya sedang melalukan penimbunan tanah kuburan, setelah menemukan besi lonjong mirip bom tersebut, dirinya langsung melaporkan penemuan itu pada pihak kepolisan.

Kini, bom yang diprediksi masih aktif tersebut, telah diamankan di Mapolsek Mila, guna dilakukan penanganan selanjutnya, Sabtu (7/10).

Kapolres Pidie, AKBP Andy Nugraha Setiawan Siregar S.Ik membenarkan adanya warga yang menemukan bom di Gampong Ilot.

Ia mengatakan bom tersebut bukan peninggalan masa konflik, melainkan peninggalan masa perang dunia kedua.

“Iya benar, ada warga yang sedang menimbun tanah kuburan, dia temukan benda mirip bom, dia langsung laporkan anggota kami.

Saat dilihat itu benar adalah bom, cuma bukan bom massa konflik, diperkirakan bom masa masa perang dunia kedua,” terangnya, Ahad (8/10).

 

Sedangkan bom tersebut, diprediksi masih aktif, hal itu dikarenakan pemicunya masih terdapat di bom tersebut.

“Nampaknya masih aktif, pemicunya masih ada, kami udah amankan benda itu di Mapolsek Mila, akan kami tanggani lebih lanjut,” pungkasnya.

Ia juga mengimbau pada warga, agar melaporkan langsung pada pihak polisi jika ada benda yang dicurigai mirip bom atau peledak lainnya. “Pihak kepolisian siap menanggani segala masalah warga sehingga warga Pidie tetap merasa aman dan tentram,” sebut Andy. (zia/mai)