Wajah Paspor dengan Wajah Asli Beda Jauh Tiga Turis Tiongkok Tertahan Di Bandara Setelah Operasi Plastik

BAGAIMANA INI? Tiga perempuan Tiongkok ini tertunda kepulangannya ke Tiongkok karena wajahnya berubah. (Asiawire via Daily Mail)

Harianrakyataceh.com – Tiga perempuan tiongkok ini melakukan perjalanan ke korea selatan untuk menjalani operasi plastik. Operasinya sudah selesai mereka pun berniat pulang. tetapi perjalanan pulang mereka tidak semulus perjalanan berangkat.

Ketiganya dilaporkan terjebak di bandara karena foto paspor mereka berbeda dengan kenyataannya. Dalam foto yang menyebar viral, wajah ketiganya memang sulit dikenali. Masih dalam proses pemulihan pascaoperasi, ketiga wajah perempuan itu dilapisi perban dan bengkak.

Foto itu disebut diambil di salah satu bandara di Korsel selama liburan nasional Tiongkok. Kejadian ini bukan kali pertama. Ada beberapa kasus pasien luar negeri yang menjalani bedah plastik tertahan di bandara karena wajah di foto paspor berbeda dengan wajah setelah operasi.

Menurut laporan media Kotaku, beberapa rumah sakit terpaksa menyerahkan sertifikat operasi plastik kepada pasien agar mereka bisa pulang. Dalam sertifikat ini ada paspor pasien, nama rumah sakit yang mereka dirawat, dan kunjungan mereka ke Korsel.

Foto tiga perempuan itu awalnya diposting oleh Jian Huahua, sebuah situs berita Tiongkok pada 8 Oktober. Tetapi, postingan itu kemudian dihapus. Namun salah satu akun populer Tiongkok, Beijing Things Beijingers Do not Know, berhasil meposting kembali foto ketiganya di Weibo. Weibo adalah jejaring sosial yang setara dengan Twitter.

Korea telah menjadi tujuan operasi plastik teratas bagi perempuan Tiongkok dalam satu dekade terakhir. Wisatawan Tiongkok itu melakukan perjalanan khusus ke Korsel dengan visa Turis Medis agar membuat diri mereka terlihat lebih kebarat-baratan.(*)

(tia/JPC)