Lanal Gagalkan Penyelundupan Ribuan Belangkas

GAGALKAN SELUDUPAN: Tim Lanal Lhokseumawe memperlihatkan hewan dilindungi Belangkas yang akan diseludupkan ke Thailand, Lhokseumawe, Senin (30/2). For Rakyat Aceh

LHOKSEUMAWE(RA) – Tim Pangkalan TNI AL (Lanal) Lhokseumawe gagalkan penyelundupan belangkas di perairan Aceh. Pelaku berencana menyelundupkan hewan laut dilindungi tersebut ke Thailand.

Petugas berhasil mengamankan sedikitnya 3 ribu hewan yang dikenal dengan sebutan Ketam Tapal Kuda itu. Belangkas disita dari Kapal Motor Sinarmas I di Perairan Kuala Peunaga, Aceh Tamiang. Selain itu turut pula diamankan 700 kilogram siput dan 70 karung pucuk nipah.

“Belangkas adalah hewan yang dilindungi. Jadi hewan dengan nama latin tachypleus gigas itu tidak boleh dibawa ke luar dari wilayah RI,” tegas Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal.

Sementara itu, Palaksa Letkol Laut (P) Ade Prasetia mengatakan akibat perbuatan itu, empat orang Anak Buah Kapal (ABK) berinisial US, AS dan EH serta Pai (nahkoda) ikut ditangkap. Seluruhnya tersangka merupakan warga Aceh Tamiang.

Ia menjelaskan untuk mengelabui petugas keamanan hewan laut itu disimpan di bawah dek kapal dan di atasnya disusun karung daun nipah.

“Dari pengakuan para tersangka ini mereka hanya kurir. Bukan pemilik barang. Namun barang ini akan diseludupkan ke Thailand,” ujar Letkol Laut Ade Prasetia, Rabu (1/11).

Untuk proses hukum, Lanal akan bekerja sama dengan instansi yang berwenang menangani kasus ini. Barang bukti yang disita akan diserahkan untuk pemeriksaan lebih lanjut. (msi/mai)