Satgas Anti Narkoba Dikukuhkan

FOTO BERSAMA: BNNK Bireueun dan BNNP Aceh gelar Kuliah Umum P4GN dan Pengukuhan SATGAS Anti Narkoba di Universitas Almuslim Bireuen, Selasa (8/11). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – BNNK Bireuen dan BNNP Aceh gelar kuliah umum P4GN di Universitas Almuslim Bireuen. Dalam acara itu juga dilakukan pengukuhan Satgas Anti Narkoba, Rabu (8/11).

Kuliah umum diisi langsung oleh Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, M.H. Adapun tema yang diangkaat aadalah “Peran Aktif dan Pendayagunaan seluruh komponen bangsa dalam menghadapi keadaan darurat narkoba menuju indonesia uang sehat.”

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Bireuen, yang diwakili oleh Sekda Ir. Zulkifli, S.P, Anggota DPR RI Komisi 10 Anwar Idris yang juga Ketua Pembina Yayasan Universitas Almuslim, Rektor Almuslim DR. Amiruddin Idris, S.E, M.SI, dan Jajarannya.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah Kepala Sekolah SMA/Sederajat, SD/Sederajat, PAUD dan Pelajar dan Mahasiswa Almuslim yang berjumlah 400 orang.

Kegiatan tersebut dibuka Sekda Bireuen, Ir. Zulkifli, S.P yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa BNN harus lebih ofensif dan lebih garang lagi untuk melakukan pencegahan dan pemberantasan narkoba di provinsi Aceh, Harapnya. Untuk para Penggiat anti narkoba lingkungan pendidikan Kabupaten Bireuen, Kami harapkan dapat secara berkelanjutan menjadi pelopor anti narkoba dan dapat mengintegrasikan serta mengaplikasikan apa yang telah di dapat dalam program program yang telah dilaksankan bersama BNN.

Sementara Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol. Drs. Faisal Abdul Naser, M.H dalam kuliah umumnya menyampaikan kondisi terkini peredaran dan penyalahgunaan Narkoba Aceh yang saat ini dalam situasi Darurat Narkoba.

Disampaikan, peredaran gelap narkoba sudah masuk ke pelosok-pelosok gampong, dimana generasi penerus Aceh yang menjadi target peredarannya, yang akan menjadi penyalahguna narkoba. Saat ini, pengguna narkoba sudah merambah kesegala golongan dengan tanpa memandang kedudukan dan jabatan. Untuk itu saya mengajak kepada seluruh Civitas Akademika dan mahasiswa untuk bersama-sama kita perangi narkoba dan serta menjauhi narkoba.

Melalui kuliah umum dan [enandatanganan Nota Kesepahaman dengan Umuslim serta program program yang dicanangkan oleh BNNP Aceh maupun BNNK Bireuen, masyarakat dapat mengetahui dan memahami mengenai Bahaya dan dampak buruk dari Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba, sehingga tertanam semangat untuk menolak menyalahgunakan Narkoba dan berkomitmen secara bersama untuk perang melawan narkoba.

Disamping menggelar kuliah umum, kepala BNNP Aceh bersama Sekda Bireuen juga melantik Relawan dan Satgas Anti Narkoba dari lingkungan Pendidikan dan Lingkungan Masyarakat. Disamping itu dilanjutkan dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Rektor Almuslim guna mengakselerasikan program P4GN dilingkungan Pendidikan Tinggi.

Rektor Umuslim berharap dengan ditandatangani MoU bersama BNN ini menjadi spirit untuk meningkatkan aktivitas P4GN di lingkungan Universitas serta membangun kerjasama dengan BNN untuk menciptakan kampus bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Dikegiatan ini hadir juga Ketua Sekolah Pemimpin Muda Aceh (SPMA) Kab. Bireuen Yusri, S.Sos mengatakan bahwa apa yg dilakukan oleh BNNP Aceh melalui Bapak Faisal sebagai kepala BNNP Aceh bisa terus dikembangkan dan rencana yg ada agar direalisasikan terutama hal-hal yang mendorong lahirnya gerakan bersama terutama dari generasi muda. Dan bagi Satgas yang dilantik, agar dilakukan pembinaan lebih lanjut. (slm)